Nama Lain Indonesia Di Masa Lalu

wooow.., secara gak sengaja., aku masuk ke sebuah web., dan menemukan artikel menarik., sejarah indonesia., maksudnya adalah sejarah nama-nama yang pernah dipakai untuk menyebut NKRI di masa lalu.

Hhehehee.., biasa., kalo sukanya googling ya gini ini wes.., tiba2 nemu yang apik apik hehehe šŸ˜€ ., ok., langsung aja dah aku bagi ke temen2 smuanya dari apa yang aku dapat dari viva.co.id . Jadi berikut ini adalah nama2 yang pernah dipakai untuk menyebut NKRI.

1.Ā Hindia

Nama yang pertama adalah Hindia, ditemukan olehĀ Herodotus, seorang ahli ilmu sejarah berkebangsaan Yunani.Ā Nama Hindia ini menjadi terkenal sesudah bangsa Portugis di bawah pimpinan Vascvo da Gama menemukannya dalam menyusuri sungai Indus tahunĀ 1498 Masehi.

2. Nederlandsch Oost-Indie

Ini adalah nama selanjutnya, nama ini digunakan oleh orang Belanja setelah mereka berkuasa di negara kita, kemudian dirubah menjadiĀ ā€œNederlandsch Indieā€.

3. Insulinde

Nama ketiga adalah Insulinde,Ā diberikan oleh Eduard Douwes Dekker (multatuli) di dalam bukunya Max Havelaar dalam tahun 1860. InsulindeĀ berasal dari perkataan ā€œInsulairā€, ā€œInsulaā€ dan ā€œIndusā€. Insula dalam bahasa latin yang berarti Pulau. Indus berarti Hindia, sedangkan Insilinde artinya pulau Hindia.

4. Nusantara

Nama yang ke-empat ini udah agak familiar bukan? Ā kata iniĀ ditemukan dalam perpustakaan India Kuno, yang menyebut negeri ini Nusantara. Arti dariĀ Nusantara atau Dwipantara artinya pulau-pulau yang berada diantara benua-benua.Ā Dalam kitab Negarakertagama sendiri disebutkan, bahwa Nusantara ialah pulau-pulau di luar tanah Jawa.

5. The Malay Archipelago

Nama ini dipopulerkan olehĀ Alfred Russel Wallace pada tahun 1869.Ā Arti dari kata ini adalah ā€œMalayā€ yaitu Melayu, dan ā€œArchipelā€ yang berasal dari bahasa Yunani ā€œArchipelagusā€ (dari asal Archi=memerintah, plagus= laut). Dengan demikian berarti menguasai laut atau berarti kumpulan pulau-pulau Melayu.

Yap.., begitulah yang aku dapat., smoga bisa menambah wawasan sejarah kita smua šŸ™‚

Comments

  1. By Yongki

    Reply

    • Reply

  2. Reply

  3. Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *