Dapatkah Kita Melihat Cahaya Lampu Senter dari Bumi di Bulan…???

hm…???? (mikiirrrr) bisa gak yaaa??? Googling gak nemu., ternyata nemunya malah dari buku wkwkwkwk πŸ˜€ . ini pengetahuan bagus neeh., soalnya dengan gini kita akan mengetahui gimana cahaya itu bekerja πŸ˜€ .

Langsung aja dah aku share yang aku dapat. Ketika menyalakan senter, kita membuat berarti membuat sebuah sumber foton. Apa lagi neh foton itu? foton itu partikel-nya cahaya, kalo di makhluk hidup ibaratnyaΒ sel-nya makhluk hidupΒ itu. ooowww πŸ˜€ .

Foton2 mulai menyebar membentuk pancaran sinar yang berbentuk kerucut. Karena tidak terhalang apapun, pastinya menembus langit laah :D, setiap individu foton berjalan di luar angkasa selamanya. yaah bukan karena foton kehabisan bahan bakar dalam perjalannya ke bulan, namun ketika foton mencapai bulan, foton itu telah menyebar. Hasilnya., hanya sedikit foton mencapai mata sehingga kita tidak akan bisa melihat cahaya senter itu.

Sebenarnya sih., bisa tidaknya kita melihat cahaya senter yang diarahkan ke bulan itu tergantung dari ukuran senter dan kemampuan “mata”. Apabila senter tersebut berukuran kecil, hanya memakai baterai AA misalnya (wkwkwkwkwk πŸ˜€ ) dan kita melihatnya dengan mata telanjang, maka jawaban dari pertanyaan diatas adalah TIDAK, tidak dapat melihatnya maksudnya.

Kerucut senter umumnya sangat besar ketika mencapai bulan, dan foton2-nya tersebar sehingga terlalu kecil untuk ditangkap dengan mata telanjang. Apabila kita menggunakan senter yang jauh lebih besar (misalnya, lampu pesawat pelacak) atau menambah kemampuan mata dengan menggunakan teleskop, sangat memungkinkan untuk melihat cahaya senter itu di bulan πŸ˜€ .

Cara Lain Agar Bisa Melihatnya?

Ato cara lainnya adalah dengan mengganti senter dengan laser kecil. Kerucut dari laser sangat kecil dibandingkan dengan lampu senter. Misalnya, satu laser mempunyai cahaya yang sangat terfokus sehingga ketika cahaya tersebut sampai di bulan, ia hanya akan membentuk bulatan kira2 berdiameter 0,5 mil (1 km) . Maka kita dapat melihat dengan mudah sinar laser yang terfokus di bulan. ahahahaha πŸ˜€

Nah kalo yang pake teleskop tadi itu gini, teleskop mengumpulkan cahaya di wilayah tersebut yang tersebar luas dengan lensa-nya. Inilah alasannya mengapa menggunakan teleskop besar untuk mendeteksi cahaya bintang yang berjarak jauh. Walaupun bintang2 lebih terang dibandingkan senter, mereka juga sangat jauh. Kebanyakan bintang berjarak berjuta2 tahun cahayaΒ . Oleh karena itu, cahaya bintang sangat redup ketika mencapai bumi. ooww gituu πŸ˜€

Para astronom sekarang dapat melihat cahaya dari objek yang jauh dengan sangat jelas menggunakan teleskop ruang angkasa Hubble. Dikatakan bahwa teleskop Hubble ruang angkasa ini tersebut dapat mendeteksi cahaya korek api yang ada di pluto! Ups..!! namanya bukan Pluto lagi, tapi Β hanya sebuah kode yaitu :Β 134340

hm.., capek nulis., rehat dulu aah.., dengerin musik dulu ahahahha.., moga bermanfaat πŸ˜€

Comments

  1. By Ringgo

    Reply

    • Reply

  2. By Nira

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *