Kenapa Ujung Kuku Kita Berwarna Putih…???

Kuku adalah bagian tubuh yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Secara kimia, kuku sama dengan rambut yang antara lain terbentuk dari keratin protein yang kaya akan sulfur yang disebut dengan keratin.

Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit. Karena tidak ada kulit atau pembuluh darah di bawah ujung kuku kita, maka yang terlihat hanya keratin yang berwarna keputih-putihan. Itulah megapa bagian tersebut berwarna putih.

Bagian berwarna putih berbentuk setengah lingkaran di ujung kita itu dinamakan Lunula. Bahasa latinnya Lunulae, yang berarti “Bulan Kecil”. Lunula terletak di ujung kuku kita, persisnya di bawah kuku bersentuhan dengan kulit jari.  Lunula merupakan bagian dari jaringan yang merupakan alas dari kuku. Jaringan ini dinamakan matrix. Lebar dan tebalnya kuku bergantung pada lebar dan tebalnya matrix.  Matrixlah yang bertanggung jawab atas pembentukan sel yang akhirnya menjadi kepingan kuku. Persis di bawahnya terbentang jaringan pembuluh darah kapiler yang memiliki suplai darah kuat, oleh sebab itu kuku kita terlihat berwarna merah muda.

Pertumbuhan kuku jari tangan dalam satu minggu rata-rata 0,5 – 1,5 mm, empat kali lebih cepat dari pertumbuhan kuku jari kaki. Pertumbuhan kuku juga dipengaruhi oleh panas tubuh.

Nutrisi yang baik sangat penting bagi pertumbuhan kuku. Sebaliknya, kalau kekurangan gizi , pertumbuhan kuku sangat lamban dan rapuh.

Mendeteksi Penyakit Melalui Tampilan Kuku Jari Tangan

1. Kuku Pucat

Kuku berwarna pucat atau cenderung memiliki warna keputih-putihan kadang-kadang terkait dengan penuaan. Tetapi ada empat macam penyakit serius yang mungkin saja ditandai dengan kuku berwarna pucat, misalnya : anemia, gagal jantung, pengidap penyakit hati atau juga gizi yang buruk.

2. Kuku Putih
 

Jika kuku berwarna putih dengan ujung atas berwarna gelap mengindikasikan adanya masalah pada hati, seperti hepatitis. Bila separuh bagian dekat ujung kuku berwarna merah muda atau coklat sementara kulit ari berwarna putih, itu merupakan gejala penyakit gagal ginjal kronis.

3. Kuku Kuning

Salah satu penyebab paling umum kuku berwarna kuning adalah infeksi jamur. Semakin memburuknya infeksi bisa membuat kuku tidak tumbuh dengan sehat, menebal dan rapuh. Kuku kuning juga menunjukan kondisi yang lebih serius seperti penyakit tiroid parah, paru-paru, diabetes atau psoriasis. Sedangkan bila pertumbuhan kuku tampak lambat, tebal dan mengeras serta kekuning-kuningan, menandakan gangguan getah bening atau penyakit pencernaan kronis.

4. Kuku Kebiruan

Kuku dengan warna kebiruan menandakan tubuh tidak mendapatkan oksigen yang cukup. Ini mengindikasikan adanya infeksi di paru-paru seperti pneumonia. Jika hanya sedikit kebiruan di ujung bawah kuku bisa juga menandakan diabetes. Sedangkan jika warna kebiruan pada pangkal kuku menandakan kurang beresnya sirkulasi darah dan merupakan gejala penyakit jantung.

5. Kuku Kasar

Jika permukaan kuku berkerut dan berbunyi jika diadu ini merupakan tanda awal dari psoriasis atau inflamasi arthritis. Selain itu, timbulnya bintik-bintik tak beraturan pada kuku, juga menandakan adanya penyakit psoriasis (penyakit kulit kronis). Perubahan warna kuku dapat terlihat merah kecokelatan.

Bila timbul kerutan horizontal dan kuku tampak kusam, itu menandakan kurang gizi atau gejala suatu penyakit seperti campak, cacar air, gondok, jantung serta kondisi seperti sindrom Reynaud (kejang pada urat jari tangan dan kaki akibat sangat kedinginan). Bila ada lengkungan berlebihan pada pangkal kuku dan sekitar ujung kuku, itu menandakan gejala penyakit TBC, emfisema (gangguan pada paru-paru), penyakit kardiovaskuler atau hati.

6. Kuku Retak

Kuku terlihat kering, rapuh dan sering retak telah lama dikaitkan dengan penyakit tiroid. Jika kuku tampak membelah dan berwarna kuning ada kemungkinan ini karena infeksi jamur.

7. Kuku Bengkak/Kemerahan

Jika kulit di sekitar kuku terlihat merah dan bengkak, ini dikenal sebagai peradangan yang menunjukan adanya penyakit lupus dan gangguan jaringan ikat. Lapisan merah membujur pada kuku, menandakan perdarahan pada pembuluh kapiler. Garis-garis ganda merupakan gejala penyakit tekanan darah tinggi (hipertensi).

8. Kuku Bergaris Hitam

Periksakan segera jika ada garis hitam di kuku Anda. Ini terkait dengan gejala melanoma atau yang dikenal dengan kanker kulit dari jenis yang paling berbahaya.

9. Kebiasaan Menggigit Kuku

Menggigit kuku mungkin buat anda hanyalah sebuah kebiasaan, padahal ini sangat mungkin menandakan kecemasan yang berlebihan dan membutuhkan pengobatan karena menderita gangguan obsesif-kompulsif. Jadi, jika anda tidak bisa berhenti, ada baiknya berdiskusi dengan dokter anda.

Comments

  1. By Nita

    Reply

    • Reply

    • By FU

      Reply

      • Reply

  2. By Leo

    Reply

  3. By Neng dhawie arra

    Reply

  4. By nia

    Reply

  5. By gya

    Reply

  6. By hanifah

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *