Kenapa Tubuh Kita Gemetar Saat Cuaca Dingin…???

Hm.., akhir2 ini udara di kota malang menjadi dingin, yaah biasaa, daridulu aku inget, ketika pas musim2 maba (mahasiswa baru) mulai masuk kuliah, pasti mulai dingin juga iklim di malang hehehe 😀 , apa cuma perasaanku aja yaa? 😀 .

Tau ah., yang jelas pengen nulis alasan gemetar kedinginan. Saat udara menjadi panas, bahkan sangat panas, kita kewalahan dengan panas, bingung lepas baju. Saat udara dingin, atau semakin dingin, kita malah bingung pakai baju berlapis2 hehehe 😀 . Yaah tubuh manusia emang gitu, kagak bisa menerima suhu yang terlalu tinggi atau terlalu rendah.

Suhu tubuh normal manusia adalah 370 , apabila kita berada di daerah yang bersuhu dibawah suhu tubuh kita, maka panas dari tubuh kita akan mengalir keluar tubuh. Suatu kondisi saat suhu di sekitar kita menjadi sangat rendah, bahkan mencapai dibawah nol derajat, sehingga tubuh kita akan melepaskan panas yang berlebihan, bahkan sampai temperatur tubuh turun disebut dengan Hypothermia.

Pada suhu udara sedang (150-20oC), tidak ada masalah dengan tubuh kita, bahkan temperatur udara sedang ini sangat dibutuhkan, karena tubuh kita memproduksi panas berlebih dari yang kita butuhkan dan harus dilepas sebagian.

Penurunan suhu tubuh 10-20C sudah cukup untuk membuat kita menggigil kedinginan, ini biasa disebut dengan demam. Pada kondisi ini kita sudah mulai gemetar dan gigi bergemeratak. Gemetar adalah cara tubuh kita untuk menaikkan suhu tubuh kita melalui gerakan sendi2 otot, dan juga merupakan isyarat tubuh agar kita segera mencari cara menghangatkan tubuh, bisa dengan memakai jaket, minuk minuman hangat, dll.

Naah begitulah alasannya., moga bisa nambah pengetahuan kita lagi, mau jaketan dulu aku, dingin eeeuuyyy 😀 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *