Kenapa Susu Kemasan Dikemas Dalam Kotak Karton…???

Hm.., hehehee.., susu susu susuuuuu 😀 ., ini nih minuman favorit aku 😀 ., gede2 gini aku masih suka ama susu looh 😀 ., stok susu bubuk di kamarku sik banyak heheheh :D., tiap malam sebelum tidur mesti bikin susu heeheh., tujuannya sih biar agak berisi dikit gitu hehehe.., tapi anehnya nih yaa., daridulu kagak nambah2 blas tuh badanku., tetep cungkring gini hadeee ..,  -__-”  ., tapi emang dasarnya suka susu ya tetep minum terus hehehe.., *sedikit curhat GJ, wkwkwkwk 😀 .Yaa.., minuman satu ini emang kaya nutrisi,vitamin, dan bergizi tinggi heheh., makanya aku suka heheheh :D.,

Ok ok., cukup intro GJ-ku wkwkwk.., skarang kembali ke fokus judul., susu yang aku maksud disini adalah susu cair murni itu looh., yang banyak kita temui dijual di mini market itu., mereka pasti dibungkus kotak karton itu kan? ada yang tau alasannya kenapa pake karton? ok aku kasih pilihan ganda jawabannya dulu hehehe 😀 ., coba tebak deeh 😀 ., :

a. Agar warna susu tetap putih
b. Karena susu cepat basi
c. Agar aroma susu tidak berubah

Uda punya jawabannya? yang paling tepat adalah yang “B” , kenapa? ok mari kita bahas., sebenarnya banyak juga alasan dibalik pemakaian kertas karton ini., diantaranya adalah efisiensi biaya produksi dari pabrik., kalo pake botol kaca pasti proses produksi mahal., imbasnya kita akan membeli dengan harga mahal juga kan? ., 🙂

Disamping itu kertas karton lebih mudah dilipat untuk dibuang dan juga mudah di-dahur ulang., kalo misal pake pembungkus kaca/kaleng/plastik pastinya bakal tambah banyak sampah botol dan menyulitkan petugas kebersihan tentunya, dan juga kurang ramah untuk tanah.., ramah lingkungan eeuuyy 😀

Dan jawaban terpenting-nya kayak yang aku tulis di atas adalah karena susu cepat basi, susu dari perahan sapi akan menjadi basi jika disimpan sampai 7 hari., ini alasannya kenapa biasanya kita menaruh susu di lemari es.

Kemasan karton sangat baik untuk menghambat proses rusaknya susu. Susu mengandung protein yang akan cepat mengeras kalo kena panas. Kaleng minuman yang terbuat dari aluminium adalah penghantar panas yang baik, jika susu dikemas dalam kemasan kaleng/aluminium maka susu akan menjadi cepat rusak dan basi. 🙂 .

Gimana Dengan Minuman Berkarbonasi?

Tentunya jangan dibandingin cara pengemasan susu ini dengan minuman berkarbonasi semacam cola, minuman berkarbonasi kayak gini mempunyai tekanan tinggi. Kalo dibungkus pake karton pastinya kartonnya yang bakal pecah gara2 gak kuat nahan tekanan heheheh 😀 .

Naah begitulah kisahnya sodara2 😀 ., oya., susu kalo di-fermentasi bakal jadi yogurt looh., dan ini juga baik bagi tubuh kita 🙂 , karna aku juga suka yogurt 🙂 .,sip sip.., moga bisa nambah pengetahuan kita smua heheheh :D.,

Comments

  1. Reply

    • Reply

  2. By sendy

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *