Kenapa Suara Kodok Lebih Nyaring Saat Turun Hujan…???

Hm.., uda mulai memasuki musim penghujan ..,., beberapa hari sudah hujan., suara kodok sudah mulai menggema lagi setelah sekian lama vakum., begitulah keadaan di musim penghujan.,

Kodok., hewan amfibi., ada kodok sawah, katak merah, katak pohon, dan lain2 jenisnya., tapi smuanya sama., kalau pas lagi datang hujan., mereka akan lebih aktif dalam “bernyanyi” heheheh .,, lebih rame suaranya., 😀 .

Katak bernafas dengan menggunakan paru-paru dan kulitnya. Naah kulit kodok harus terus dalam keadaan lembab agar proses bernafasnya lancar, oleh karena itu katak memiliki peng-indera-an yang tajam akan air.

Coba deh diperhatikan., sebelum ujan turun, kandungan uap air di udara menjadi bertambah., suhu udara mulai menurun, udara lebih segar karena uap airnya., kelembapan-pun bertambah. Dalam keadaan mendung seperti ini, bagi katak bernafas dengan kulit menjadi lebih mudah.

Naah apalagi saat hujan turun, bernafas melalui kulit bagi kodok sangat mudah sehingga perasaan kodok menjadi “senang” dan bahagia, makanya mereka mencurahkan kesenangan ini dalam bentuk ekspresi nyanyian mereka, yaah pastinya dalam bahasa mereka, dan kita tidak tahu artinya hehehe 😀 .

Jadi., seperti itulah alasannya., smoga bisa menambah wawasan kita smua.., 🙂

Comments

  1. By ima

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *