Kenapa Pluto Tidak Disebut Planet…???

Wah wah waaah.., meskipun ternyata berita ini sudah kadaluarsa (tahun 2006)., tapi aku baru menemukannya tahun 2012., hadeeee =__=” parah banget yaaa?? ๐Ÿ˜€ , dah gitu buku2 materi pelajaran udah berubah smua wkwkwkwkw ๐Ÿ˜€ ๐Ÿ˜€ .

Aku baru menemukan jawaban ini lagi2 gara2 gak sengaja, gak sengaja-nya waktu mau ketik kata “Pulau” di Google eh malah ketik “Pluto” ., ntah aku mikirin apaan kok jadinye nyelentang jauh =__=” wkwkwkwkwkwk ๐Ÿ˜€ . Akhirnya aku kumpulin informasi sebanyak2-nya agar bisa share berita ini di blog-ku hjehehehehee… ๐Ÿ˜€ . Let’s read ๐Ÿ™‚

Sejarah Pluto

Pluto ditemukan oleh Clyde William Tombaugh, seorang astronom muda di Observatorium Lowell, pada 18 Februari 1930. Sejak saat itu dia menjadi anggota Bimasakti yang paling jauh letaknya.ย Jarak Pluto dengan matahari adalah 5.900,1 juta Km. Pluto memiliki diameter yang mencapai 4.862 Kmย dan memiliki massa 0,002 massa Bumi. Periode rotasi Pluto adalah 6,39 hari, sedangkan periode revolusi adalah 248,4 tahun. Bentuk Pluto mirip dengan Bulan dengan atmosfer yang mengandung metan. Suhu permukaan Pluto berkisar -2330Celsius sampai -2230 Celsius, sehingga sebagian besar berwujud es. bbbrrrrr…. dingiiinn ๐Ÿ˜€

Asal-usul Nama

Setelah aku baca., masalah nama aja sempat menjadi kontroversi. Ada yang beranggapan nama Pluto diambil dari tokoh karakter anjing dalam kartun Walt Disney, mereka beranggapan gitu soalnya tokoh kartun ini memulai debutnya pada tahun yang sama dengan penemuan Pluto ini.

Nama Pluto juga merupakan nama seorangย dewaย dari kebudayaan Romawi yang menguasai dunia kematian (Hades dalam kebudayaan Yunani). Nama ini diberikan mungkin karena benda angkasa ini sama gelap dan dinginnya dengan dewa tersebut,selain juga misteri yang menyelimutinya.

Ternyata banyak nama lain yang pernah ditolak untuk menamai planet baru tersebut. Salah satunya adalah Minerva, yang berarti dewi ilmu pengetahuan. Alasannya jelas, karena nama tersebut sudah dipergunakan untuk hal yang lain. Lalu ada nama Constante, merujuk pada nama pendiri observatorium tempat Clyde bekerja, Constante Lowell. Namun pemberian nama Lowell juga ditolak secara perlahan-lahan. hm…, ๐Ÿ˜€

Alasan Kenapa Bukan Planet

1. Benda angkasa disebut sebagai planet bila memiliki bagian seperti bumi yaitu gas, batu dan air sedangkan neptunus terdiri atas gas dan batu. Namun pluto hanya terdiri atas batu dan es.

2. Ukurannya yang kecil, tidak sampai setengah dari diameter merkurius yang merupakan planet yg sangat licek / kecil ๐Ÿ˜€ .

3. Orbit Pluto yang kadang timpang tindih dengan orbit planet Neptunus

4. Pluto berukuran hampir sama dengan satelit”nya yang membuat pluto hanya di anggap sebagai benda langit yg bukan disebut planet

Nama RESMI Pluto

76 tahun sudah Pluto menyandang “gelar” planet, tapi setelah melalui mekanisme voting pada akhirย sidang umum Perhimpunan Astronomi Internasional (International Astronomical Union, IAU) di Praha, Ceko, pada 24 Agustus 2006, para astronom sepakat bahwa pluto statusnya bukan planet lagi.

Terus namanya apa donk skarang?ย Padaย 7 Septemberย 2006, nama Pluto diganti dengan nomor saja, yaituย 134340. Nama ini diberikan olehย Minor Planet Centerย (MPC), organisasi resmi yang bertanggung jawab dalam mengumpulkan data tentang asteroid dan komet dalam tata surya kita. Say Goodbye for “Pluto” ๐Ÿ˜€

Berapakah Jumlah Planet di Galaxy BimaSakti?

Studi terbaru menyatakan bahwa Bimasakti memiliki lebih banyak planet daripada bintang. Jumlah planet diperkirakan mencapai 160 miliar, sedangkan jumlah bintang adalah 100 miliar. Studi ini dilakukan olehย Arnaud Cassan dari Paris Institute of Astrophysics.

Berdasarkan riset, peneliti menunjukkan bahwa 1/6ย (seperenam) Bimasakti dihuni oleh planet seukuran Jupiter, 1/2ย (setengah)-nya oleh planet seukuran Neptunus dan 2/3 (dua pertiga)-nya oleh super-Earthย (1-10 kali massa Bumi). Itu pun hanya yang ada pada jarak yang sudah terdeteksi.

Ok.., itulah alasannya knapaย 134340 (Pluto) tidak lagi disebut planet ๐Ÿ˜€ . Smoga bisa menambah wawasan kita ๐Ÿ˜€ .

Sumber : Wikipedia , Kompas , Kaskus