Kenapa Planet Kita Dinamakan Bumi?

hm.., di awal kali aku nulis artikel, aku nulis tentang Berapakah Berat Bumi, tapi dari artikel itu bisa dijabarkan lagi sebuah pertanyaan sederhana, yakni “kenapa ya dinamakan bumi?” . Simpel kan? iya pertanyaanya simpel, tapi uda ada yang tau gak kenapa dinamakan bumi oleh orang indonesia?

Yaah., di berbagai negara, punya cara tersendiri untuk menamai planet kita ini, namun ujung2nya cuma mengarah pada satu arti kata yaitu “tanah” . Misalnya, dalam bahasa belanda disebut “aarde” yang berarti tanah, dalam bahasa portugis tanah disebut dengan “terra” , dalam bahasa inggris disebut dengan “earth” yang memiliki kesamaan bunyi dengan “aarde” .

Jadi, bagaimana awalnya bangsa Indonesia menggunakan kata bumi? . Ternyata penggunaan Bumi dalam bahasa indonesia sudah dimulai sejak jaman kerajaan dulu, yaitu berasal dari bahasa Sansekerta yakni “Bhumi” yang berarti “Tanah” .

Seperti itulah awal mulanya penggunaan kata Bumi untuk menyebut planet tercinta kita ini dalam Bahasa Indonesia, semoga bermanfaat 🙂 .

Comments

  1. Reply

    • Reply

      • By Utba Ghulam

        Reply

  2. By Utba Ghulam

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *