Kenapa Pesawat Terbang Tidak Bisa “Mundur” Saat Di Darat…???

Hm.., serius ni? ide nulis artikel ini berawal dari tebak2-an dari temen, katanya gini “Kenapa pesawat gak bisa mundur?” ., aku coba jawab berkali2 salah terus, akhirnya temenku jawab gini, “Soalnya gak punya spion kayak mobil/motor” , wkwkwkwkw ngakak aku denger jawabannya 😀 .

Naah dari hal kecil itu aku coba kembangkan, tanya sana sini, ternyata emang bener looh, pesawat itu kagak bisa mundur (berjalan mundur maksudnya/atret) kayak mobil/motor saat di darat. Terbang mundur juga kagak bisa 😀 , belum ada yang nemuin cara kayak’e supaya pesawat bisa terbang mundur 😀 . Tapi fokus kita kali ini adalah kagak bisa mundur saat pesawat tersebut di landasan, masih di tanah.

Jadi emang bener, sewaktu di darat pesawat tidak bisa berjalan mundur. Pesawat emang punya mesin, tapi mesin itu gak terhubung ke roda seperti pada mobil/motor yang berfungsi menggerakkan roda. Mesin di pesawat hanya berfungsi untuk menggerakkan baling2 pesawat yang digunakan untuk tenaga pendorong. Jadi kalo di darat pesawat hanya bisa maju akibat mesin pendorong itu. Nah kalo pengen mundur, dibantu dengan mobil pendorong (Towing Car) :D.

Naah mesin jet pesawat digunakan untuk menghasilkan gaya dorong maju (Thurst) . Kalo gaya dorong untuk mundur dinamankan Thurst Reverse, ini digunakan sebagai “rem” saat landing. Tapi,,, gaya dorong ke belakang ini gak digunakan untuk mundur (atret) di darat, lebih tepatnya “tidak boleh digunakan untuk mundur/tidak dianjurkan” . Beberapa pesawat ada yang dapat mundur dengan menggunakan Thurst Reserve ini, namun penggunaannya tidak dianjurkan bahkan dibatasi, soalnya hanya akan membuang2 avtur saja, dan akan lebih efisien kalo menggunakan Towing Car :).

Dalam beberapa pesawat, penggunaan Thurst Reverse dapat berakibat tidak baik pada mesin akibat kotoran dan debu yang terhisap kedalam mesin, dan juga ada yang berakibat pada turunnya kekuatan bagian ekor pesawat tersebut.

Naah begitulah penjelasan dari tak bisanya pesawat mundur saat di darat, moga bisa nambah pengetahuan kita smua 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *