Kenapa Orang Jepang Susah Berbahasa Asing?

Love_Kanji_by_acer_v

Udah pernah tahu kalau orang jepang itu susah banget mempelajari bahasa asing? atau baru tahu dari judul diatas? ok ok.., mari kita lihat., hasil dari googling barusan akhirnya dapat beberapa point yang menyebabkan orang jepang susah belajar bahasa asing.

Bahasa asing yang dimaksud disini adalah bahasa asing universal (bahasa inggris). Untuk urusan belajar bahasa inggris di jepang, kualitas dan level pembelajaran di jepang berbeda dengan negara kita Indonesa looh. Kok bisa? misal, materi belajar english di jepang untuk tingkat SMA, di Indonesia SMP sudah mempelajarinya, waah kita musti bangga nih untuk yang satu ini hehe.

Berikut ada 4 alasan yang dikemukakan oleh seorang kolumnis jepang mengenai alasan kenapa orang jepang sangat sulit mempelajari bahasa asing.

1. Orang Jepang Bukan Pembicara Yang Aktif

“Diam adalah emas” , orang jepang sangat menjunjung tinggi istilah ini. Orang jepang sangat memperhatikan intonasi dan kalimat yang dipakai saat berbicara dan hal ini sangat berdampak buruk dalam mempelajari budaya asing.

2. Orang Jepang Takut Berbuat Kesalahan

Orang jepang berpendapat, mereka akan berbicara jika mereka sangat yakin dengan perkataan mereka karena mereka tidak mau menyinggung dan mengganggu orang lain akibat perkataannya sehingga mereka lebih banyak diam.

3. Jepang Mempelajari Bahasa Inggris dengan Furigana

Furigana adalah pengucapan kata-kata dari bahasa asing yang ditulis ke dalam bahasa Jepang (misalnya ada huruf kanji diatasnya terdapat huruf berukuran kecil Hiragana, itulah Furigana dan dalam hal ini bahasa Inggris yang dijadikan ke dalam bahasa Jepang dengan Katakana sebagai alatnya).

Furigana sendiri dalam penerapannya ke dalam bahasa (dalam hal ini bahasa inggris) sangat berbeda dengan arti dan ucapannya. Contohnya “Track List” dalam Furigana menjadi “Tureku Risto”

4. Bahasa Asing Tidak Dipelajari Sejak Dini

Orang jepang baru mempelajari bahasa asing (dalam hal ini bahasa inggris) saat umur 12 Tahun atau 1 SMP. Jadi ini salah satu alasan kenapa level pembelajaran Bahasa Inggris antara Jepang dengan Negara Kita sangat berbeda.

Tapi niih., sejak tahun 2011 Pemerintah Jepang menerapkan peraturan tentang pembelajaran Bahasa Asing selama 35 Jam dalam setahun sejak usia dini.

Naah jadi begitu tuh alasannya., ngomong-ngomong nih yaa., ada yang tahu arti tulisan jepang pada gambar diatas itu gak ya? aku bingung mau pakai gambar apa., eh ada gambar bagus., jadinya tak pasang aja hehee., kalo ada yang tahu kabari yaaa. Dan., semoga bermanfaat.

Comments

  1. Reply

    • Reply

  2. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *