Kenapa Obat Diminum 30 Menit Setelah Makan…???

Hm.., obaat obatt.., tidaaakkk..!!! aku paling anti ama makhluk satu yang barnama obat ini hm… 🙁 . Emangnya, ada yang doyan sama obat? hii., makanannya orang sakit hehehe…, alhamdulillah aku masih diberi sehat jadi masih bisa menulis dan berbagi pengetahuan bersama 🙂 .

Tapi., pernah memperhatikan bungkus obat tidak? atau pada lembar petunjuk pemakaian di dalam kotak obatnya, biasanya terdapat tulisan “diminum 3x sehari 30 menit setelah makan” . Ternyata alasan dibalik anjuran diminum 30 menit sesudah makan ini adalah untuk mengurangi rasa sakit di perut, usus, dan organ pencernaan lainnya.

Obat yang kita makan niih, juga mengandung efek samping. Sebagian besar obat mempunyai efek meng-iritasi perut atau usus. Naah kalo obat diminum sesudah makan, efek samping dapat dikurangi dan manfaat obat-pun semakin efektif :).

Oh iya., alasan lainnya adalah agar pasien tidak mudah lupa waktu minum obat. Daripada ditulis “diminum setiap 8 jam” , akan lebih mudah untuk mengingat “diminum 30 menit setelah makan” bukan? 🙂 . Btw, tapi nih yaa., tidak semua obat diminum 30 menit setelah makan. Ini tergantung jenis obatnya, ada yang lebih baik langsung diminum setelah makan, atau malah ada yang lebih baik diminum sebelum makan.

Misalnya nih yaa., obat yang lebih baik diminum sebelum makan adalah obat penambah nafsu makan, ini agar efek obat dapat langsung terasa, namanya juga nambah nafsu makan 😀 . Satu lagi niih., pastikan kita mengikuti petunjuk dokter looh., jangan asal minum obat biar gak salah sasaran 🙂 .

Tapi seenak-enaknya obat, baik rasanya manis, rasa buah, ato apa-lah., tetep aja yang namanya obat itu gak meng-enak-kan, iya kan? makanya mari jaga diri kita masing2. Jangan lupa olahraga biar bugar, jogging tiap pagi tuuh 🙂 . Smoga bermanfaat..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *