Kenapa Motif Bola Sepak Tersusun Dari Segi-5 dan Segi-6…???

Yaah olahraga yang satu ini adalah olahraga yang paling mendunia menurutku, liat aja, kalo pas piala dunia, pasti heboh banget , dimana-mana tontonannya pasti siaran piala dunia.

Pernah terpikir kenapa bola tersebut dibuat dari segi-5 dan segi-6? . Hm.., jadi gini, kayak yang kita tahu, bola sepak terbentuk dari jahitan beberapa lembar kulit atau karet sehingga berbentuk bulat, pastinya butuh teknik khusus dalam pembuatannya agar bisa bulat sempurna, kaitannya dengan proses penjahitan kulit/karet tersebut.

Pada awal kemunculan olahraga ini, bola yang digunakan tersusun dari 8 buah potongan kain, bentuknya-pun tidak dapat bulat. Sampai pada akhirnya saat piala dunia tahun 1974 muncul motif potongan berbentuk segi-5 dan segi-6. Terdidi dari 12 buah potongan segi-5 dan 20 buah potongan segi-6.

Pembuatan awal model segi-5 dan segi-6 ini mendapat bantuan dari para ahli matematika sehinnga mereka dapat membuat bola yang bulat yang kuat dan dengan sedikit jahitan. Pembuatan dengan model ini sudah dapat dikatakan merupakan pembuatan yang paling sederhana.

Kalau potongan kainnya lebih banyak, pastinya akan didapatkan hasil yang lebih bulat dan lebih sempurna. Tapi efeknya biaya penjahitan-pun menjadi mahal, makanya cara seperti itu tidak digunakan.

So., begitulah alasannya kenapa dibuat seperti itu, moga bisa nambah pengetahuan kita smua 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *