Kenapa Logo Pintu Darurat Berwarna Hijau…???

Yaah.., setiap warna emang melambangkan suatu hal, misalnya yaa., warna merah sering digunakan untuk mengungkapkan sesuatu yang mengandung bahaya, awas, atau waspada. Coba liat,  lampu rem kendaraan dibuat berwarna merah agar pengemudi di belakangnya berhati2.

Sedangkan., warna hijau sejak dulu sering digunakan untuk melambangkan sesuatu yang menyangkut keamanan atau perdamaian,. Contohnya adalah lampu hijau pada lampu lalu lintas 🙂.

Lha terus? penggunaan warna hijau pada logo pintu darurat itu gimana? untuk yang satu ini mempunyai alasan yang berbeda. Pada retina mata terdapat dua macam sel mata yang membuat kita dapat membedakan warna, yaitu sel batang dan sel kerucut.

Saat hanya sedikit cahaya yang masuk ke retina, sel batang mendapat rangsangan. Sebaliknya, sel kerucut justru mendapat rangsangan ketika banyak cahaya masuk ke retina mata. Jadi, saat keadaan gelap, sel batang lebih aktif dan sel kerucut lebih aktif dalam keadaan terang.

So, bagaimana dengan saat terjadi kebakaran? Biasanya saat kebarakan, listrik akan padam, sehingga keadaan menjadi gelap. Pada saat ini sel mata yang aktif adalah sel batang.

Naah., pada sel batang sendiri mengandung zat warna yang bernama “Rodopsin”, zat warna ini menyebabkan sel batang dapat melihat warna hijau lebih jelas, sehingga warna hijau terlihat lebih jelas saat keadaan gelap. Oleh karena itulah warna hijau digunakan sebagai warna logo pintu darurat agar lebih mudah terlihat, bahkan ada beberapa gedung yang sekaligus mengecat pintu daruratnya dengan warna hijau.

Naah begitulah yang terjadi., moga bisa nambah pengetahuan kita smua.., 🙂 . Pastinya juga kalo lewat pintu darurat jangan pake gaya Gangnam Style looh biar gak menghalagi pergerakan wkwkkw 😀 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *