Kenapa Kita Mengantuk Setelah Makan Siang…???

Hm.., emang pas ni siang2 gini nulis nih artikel., heheheh tapi berhubung skarang lagi puasa,, ya ngantuknya bukan karna makan., tapi karna males mo ngapa2 wkwkwkkw 😀 .

Tapi bener emang nih., siang hari emang jam ngantuk2nya nih., apalagi yang uda kerja., melihat awan siang hari yang pas cerah2nya., terus makan siang lauk telor sambil sms-an., ditutup ama minum yogurt ato susu, dilanjutin nyemil coklat ato snack (astaghfirullaah.., puasaa puasaaa 😀 ) , gitu balik ke meja kerja rasanya mata kaya gamau buka, beraat bangeet, terus2-an menguap wkwkwk  pengen tidur bawaannya wkwkwk 😀 .

Ternyata ada dua hal dibalik kengantukan kita ini hehehe.., yang pertama adalah L-Tryptophan , yang kedua adalah dari segi proses pencernaan makanan-nya.

Kita bahas yang pertama dulu. L-Tryptophan adalah asam amino yang menjadi bahan dasar terbentuknya niacin, vitamin B. Niacin sendiri akan dipakai untuk membuat serotonin, zat penghantar sinyal di otak yang dapat menimbulkan perasaan nyaman dan menyebabkan kita ngantuk hehehe 😀 .

Nasi kaya akan karbohidrat, dan merangsang pankreas untuk memproduksi insulin, yang akan menyimpan makanan dalam tubuh. Beberapa asam amino lain yang tadinya terkandung di dalam darah bersama-sama dengan L-Tryptophan, akan masuk ke dalam sel otot. Efeknya., konsentrasi L-Tryptophan dalam darah meningkat, dan serotonin yang terbentuk akan ngebuat kita ngantuk hehehe 😀 .

Nah yang kedua, dari segi proses pencernaan makanan. Proses pencernaan makanan membutuhkan energi yang cukup besar, oleh karena itu tubuh akan menyalurkan banyak (agak) darah ke organ sistem pencernaan., apalagi  niih ya kalo makanannya mengandung banyak lemak semisal gorengan dkk. Otomatis energi yang diperlukan juga akan semakin bertambah besar jika makanan yang kita konsumsi banyak (porsi kuli : kata temen2 wkwkwk 😀 ) .

Saat berat2nya melakukan proses pencernaan, sistem saraf juga ikut nyumbangin sebagian stok darahnya, dan sebagai akibatnya, sistem saraf akan mengalami kekurangan oksigen untuk sementara waktu niih. Menurunnya efektivitas kerja saraf pada saat sistem pencernaan bekerja inilah yang juga membuat kita merasa ngantuk dan ingin tidur siang hehehhe 😀 .

Hoooaammbbss…, aku jadi ngantuk juga nih,,, ZZzzzzz….

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *