Kenapa Kita Menangis Saat Mengupas Bawang Bombay…???

Judul ini diambil dari kisah nyata 😀 (kayak pilm pilm aja wkwkw 😀 ) ., pas lagi SD dulu aku sering bantu2 ibu di dapur masak masak. Pas diminta ngupas bawang bombay, baru dapet 1 butir uda nangis aku, tapi bukan nangis sedih, tapi nangis pedih 😀 . Dari situlah aku angkat jadi judul artikel kali ini.

Kita menangis saat mengupas bawang ini diakibatkan oleh zat pedas yang terdapat dalam bawang bombay, zat tersebut adalah Alerpropion. Alerpropion ini bersifat cepat menguap ke udara ketika kulit bawang dikupas, jadi tak heran kalau sebentar saja kita sudah menangis dibuatnya 😀 .

Selain bawang bombay, bawang putih dan daun bawang juga memiliki zat Alerpropion ini, tapi jumlahnya tidak sebanyak yang terkandung dalam bawang bombay.

Ada cara untuk menghindari kita menangis saat mengupasnya, yaitu dengan cara mengupas bawang bombay tersebut di dalam air, bawangnya aja yang di dalam air, kita gak perlu ikut2-an berandam dalam air 😀 . Dengan cara ini, Alerpropion yang menguap akan terserap oleh air, jadi kita tidak akan menangis 🙂 .

O iya., kata orang2 seh bawang bombay ini adalah sayur bermuka dua, kenapa? Soalnya saat dikupas kulitnya akan membuat kita menangis, tapi saat bawang ditumis/digoreng tidak akan rasa pedas yang muncul tetapi malah bau harum yang membuat kita ingin mencicipinya 😀 .

Sudah ada yang pernah menangis dibuatnya kan? apa sudah ada yang pernah mengupasnya sambil direndam agar tidak menangis?

Comments

  1. By Rondi

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *