Kenapa Kita Disuntik di Pantat?

244125_ilustrasi-jarum-suntik_663_382

Geli juga saat nulis judulnya hehehe., tapi ini mungkin jarang terpikirkan di benak kita karena saking tidak pedulinya kita akan hal sepele tapi penuh ilmu ini hehe.

Dalam hal suntuk menyuntik, ada dua cara yang bisa dilakukan, pertama, menyuntik lewat pembuluh darah, yang kedua lewat daging atau otot.

Suntikan ke pembuluh darah langsung mengalirkan obat ke pembuluh darah, efeknya akan lebih cepat terasa karena langsung menyebar ke seluruh tubuh. Biasanya nih suntikan ke pembuluh darah dilakukan ke pasien gawat darurat yang butuh pengobatan cepat. Walaupun efeknya cepat terasa, namun suntikan ke pembuluh darah ini tidak bertahan lama.

Sedangkan, suntikan ke daging atau otot akan mengalirkan obat malalui pembuluh-pembuluh darah halus yang berada di otot atau daging dan menyebar ke seluruh tubuh secara perlahan.

Naah makanya kalo pas lagi sakit gigi nih, kita disuntiknya di pantat, efek penyembuhannya memang terasa lambat, tapi terasa lebih tahan lama obatnya (hehe jangan ampe sakit gigi dah 😀 ).

Nah, alasan utamanya digunakan pantat adalah karena pantat merupakan bagian tubuh yang paling banyak dagingnya jadi tak terlalu menyakitkan buat disuntik. Selain itu di pantat juga banyak pembuluh darah halus jadinya obat dapat dengan mudah menyebar ke seluruh tubuh.

Ngomong-ngomong, semakin besar jarum, apakah semakin sakit saat disuntik?

Yang lebih mempengaruhi sakit saat disuntik adalah kandungan obat dan lokasi dimana suntikan itu berada. Kalau jarum sih tidak begitu berpengaruh, cuman kita saja yang keburu takut begitu ngeliat jarum gede hehe :D.

Naah.,, sudah tahu kan? yuk bagi artikel ini ke teman2 lainnya biar pada tahu semua dan biar lebih bermanfaat ilmunya. Ada tombol “sharing” dibawah ini looh. Bisa pakai Facebook, Twitter, Google+ . Keep sharing ^_^

Comments

  1. By Mindi

    Reply

    • Reply

  2. By Ninda

    Reply

  3. By Novan Riandi

    Reply

    • By Ninda

      Reply

    • Reply

  4. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *