Kenapa Kertas Lama-kelamaan Menjadi Berwarna Kekuningan…???

Pernah mendapatinya? aku sih sering.,, tumpukan buku2 yang sudah tidak dipakai, begitu dibongkar lagi, warnanya sudah kekuning-kuningan dan jelek hm..,

Yaah., sebagian besar zat warna jika diletakkan di udara bebas dalam waktu yang lama akan mengalami perubahan warna yang diakibatkan oleh proses oksidasi. Oksidasi adalah peng-oksida-an , maksudnya adalah reaksi antara suatu zat dengan gas oksigen (O2) .

Warna kekuningan pada kertas ini juga diakibatkan oleh proses oksidasi, biasanya yang paling sering adalah pinggiran kertas, ini dikarenakan bagian inilah yang lebih sering terkena udara.

Saat pembuatan kertas, kertas diolesi dengan Sulfur Aluminiumย untuk mencegah agar tinta tidak belepotan di kertas nantinya. Namun Sulfur Aluminium ini bereaksi jika terkena suhu panas atau kelembapan, akibatnya adalah warna kertas memudar, berbau, dan kertas menjadi mudah hancur.

Namun saat ini sudah ada teknologi untuk menghambat proses oksidasi pada kertas yaitu dengan menambahkan serangkaian proses “kimiawi” pada tahap pembuatannya (secara detail sih proses kimiawi yang dimaksud aku gak paham), intinya proses ini bertujuan untuk menambah umur masa pakai kertas.

Naah smoga penjelasan singkat ini bisa bermanfaat bagi temen2 smuanya ๐Ÿ™‚ .,

Comments

  1. Reply

    • Reply

  2. By bagas

    Reply

  3. Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *