Kenapa Hidung Anjing Selalu Basah?

anjinglucu

Pernah merhatiin hewan satu ini dari dekat? pernah merhatiin hidungnya? punya anjing kah dirumah temen2? Hm.., kalo diperhatikan secara detail., hidung anjing ini selalu basah loh., ada yang tahu kira2 kenapa? aku kasi multiple choice nih :

A. Untuk penciumannya yang tajam

B. Agar tidak terinfeksi bakteri

C. Agar tidak mudah tertular penyakit dari hewan lain

Hayoo.., yang mana hayo kira2…. berpikir mulai..!!!!

tik tok…, tik tok…

3 detik….

7 detik…

10 detik…

Teeet..!! waktu habis…!!! jawaban yang benar adalah A. Untuk penciumannya yang tajam.

OK jadi gini.., saat kita flu (manusia) kita pastinya susah bukan untuk mencium bau sesuatu? naah begitu juga dengan anjing., ingus juga menghalangi penciuman, begitu juga dengan saat suhu tubuh naik maka hidung akan kering dan proses penciuman-pun juga kurang baik.

Naah pada hidung anjing banyak mengeluarkan cairan, karena selalu keluar cairan, maka kelembaban hidung anjing selalu terjaga, kelembaban ini akan menurunkan panas sehingga dengan begitu penciuman anjing bisa bekerja lebih baik ketimbang penciuman manusia. Dan karena cairan inilah maka hidung anjing akan terasa dingin saat dipegang hehe 😀 (aku sih gamau pegang2 anjing, jijik hehe ).

Seberapa Baik-kah Penciuman Anjing?

Kalau kita perhatikan anjing2 penjaga rumah,, begitu pemiliknya dateng., dia gak akan menggonggong., coba kalo orang lain yang dateng, si anjing pasti menggonggong keras , yaah heboh2 sendiri gitu laah hehe 😀 . Naah udah tau kan seberapa hebat penciuman anjing ini?

Dari kemampuan inilah,, anjing juga selalu dijadikan partner polisi dalam ngejar penjahat dari barang bukti yang ditinggalkan karena ketajaman penciumannya, selain itu anjing juga diperbantukan untuk pencarian korban bencana alam atau di reruntuhan bangunan, dan masih banyak lagi kegiatan2 yang melibatkan ketajaman penciuman anjing ini.

So.., akhir kata., semoga bermanfaat., kalau suka artikel ini., yuk Like dan bagi di Facebook dengan klik tombol Facebook dibawah ini biar yang lain juga ikut tahu.. because sharing is caring…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *