Kenapa Gula Tidak Akan Membusuk Walau Sudah Disimpan Lama…???

Sugar.., sugar sugar sugar.., yaah kayak iklan salah satu gula di tipi hehe 😀 . Berbentuk kayak pasir, rasanya manis, yaah emang itu fungsinya, memberikan rasa manis heheheh 😀 .

Emang bener pertanyaan diatas? Jawabnya : Iya, benar. Mari kita bandingkan dulu, biasanya kita memasukkan roti dalam lemari es untuk mencegah penjamuran bukan? tapi tetap saja beberapa hari kemudian roti akan menjamur. Tetapi, kalau gula atau makanan manis lainnya walaupun diletakkan di tempat terbuka tidak akan menjamur looh 🙂 .

Hal ini dikarenakan konsentrasi gula sangat tinggi, sesuatu yang konsentrasinya tinggi tidak akan mudah ditumbuhi jamur, ini dijelaskan dengan “Teori Osmotik” .

Osmosis adalah peristiwa perpindahan molekul pelarut, untuk mengurangi perbedaan konsentrasi, saat terjadi perbedaan konsentrasi melalui suatu pembatas. Molekul pelarut berpindah dari larutan yang konsentrasinya rendah ke larutan yang konsentrasinya tinggi sampai akhirnya konsentrasinya sama 🙂 .

Salah satu bentuk peng-aplikasi-an teori ini terdapat pada pembuatan “Kimchi” , yaitu makanan tradisional Korea, salah satu jenis asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas. Sayuran yang paling umum dibuat kimchi adalah kubis, sawi putih, ketimun dan lobak. Yaah maklum yang disebutkan adalah contoh makanan korea, maklum lagi heboh lagu K-Pop : Gangnam Style heheheh 😀 .

Meskipun spora jamur tumbuh di permukaan gula, namun tidak akan tumbuh jadi jamur karena membutuhkan air untuk hidup 🙂 , sedangkan airnya habis diserap gula. Jadi, begitulah alasannya teman2 smuaa.., smoga bisa menambah wawasan kita, jangan lupa di-share ya pengetahuan ini biar bisa lebih bermanfaat. Thanks for coming :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *