Kenapa Gigi Bisa Berwarna Kuning?

gigi

Kesal dengan warna gigi yang gak putih? kalo ketawa gak PD terus ditutupin gara2 gigi berwarna kuning? hm.., gigiku sendiri gak putih-putih amat dan gak kuning-kuning amat hehe. Aku sendiri sih ingin gigiku jadi putih biar kalo ketawa bisa lepas hehe.

Caranya ya gosok gigi teratur, paling tidak meskipun gak ampe putih banget gigi bisa bersih lah. Selain melakukan usaha untuk pemutihan gigi kayak barusan, kita juga perlu mengetahui hal-hal yang bisa bikin gigi jadi kuning agar bisa antisipasi (pencegahan).

Nah., berikut ada beberapa hal yang dapat menyebabkan gigi berwarna kuning.

Rokok

Rokok emang bener-bener gak baik buat kesehatan, zat-zat buruk yang sangat banyak terkandung di dalamnya. Nikotin adalah salah satunya, nikotin dalam rokok ini bisa bikin gigi jadi berwarna kuning, selain itu gigi juga bisa rapuh dan berkerak, hiiii… 🙁 .

Kopi

Sesuatu yang berlebihan emang gak baik bukan, begitu juga dengan kopi, apalagi kopi bubuk asli (tradisional) yang warnanya bener2 hitam. Orang yang terlanjur kebablasan kecanduan kopi cenderung memiliki gigi yang kurang putih, apalagi jarang gosok gigi.

Obat

Beberapa obat mempunyai efek membuat gigi jadi kuning karena kandungan kimia yang ada di dalamnya. Oleh karena itu jangan asal minum obat ke apotek, konsultasikan dengan dokter dulu.

Usia

Faktor usia tidak bisa dihindari, tambah hari tambah pula usia kita, semakin tua kita semakin melemah juga kerja sel-sel dalam tubuh kita. Jadi kalo tambah tua jangan kaget karna gigi kita tak seputih saat muda.

Warna Asli

Setiap orang terlahir berbeda, tak ada satupun manusia di dunia ini yang terlahir sama persis. Orang terlahir kembar-pun ternya masih ada aja yang beda. Warna kulit berbeda tiap orang, begitu juga dengan warna asli gigi kita, ada yang putih, ada yang kurang putih, dan beberapa ada yang kuning.

Rokok, kopi, dan obat masih bisa dihindari, tapi kalau udah karna faktor usia ama faktor warna asli mah gak bisa. Untuk dua faktor ini setidaknya kita masih bisa gosok gigi teratur jadi tetap bersih dan memperlambat penguningan gigi yang lebih parah.

Semoga bermanfaat buat kita semua.. Yuk bagi pengetahuan ini ke yang lain biar lebih bermanfaat lewat tombol2 dibawah ini :).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *