Kenapa Gaun Pengantin Berwarna Putih…???

Nikaah., nikaaah.., bulan oktober ini kayaknya musim nikah 😀 ., banyak temen2ku yang nikah pada bulan ini hehehe., 😀 . Salah satu temenku mengenakan gaun putih saat nikahannya, serasi. hahahah 😀

Yaah., penggunaan warna putih untuk gaun pengantin ini mulai nge-trend sudah sejak 200-an tahun yang lalu loh ternyata. Saat menikah, mempelai pria dan wanita harus menyiapkan tubuh dan hati yang bersih, terutama jaman dahulu, kaum wanita jaman dahulu lebih lemah daya tahan tubuhnya sehingga lebih harus berhati2.

Naah karena itulah pengantin wanita mengenakan gaun berwarna putih, bukan hanya gaunnya, buket bunganya-pun berwarna putih.

Kesan yang ditimbulkan warna ternyata nih berubah dari waktu ke waktu. Dulu pada zaman kekaisaran Romawi, warna putih melambangkan perayaan. Pada abad pertengahan, warna putih justru melambangkan duka cita, aneh kan? 😀 .

Ada pula masa nge-trend-nya warna hijau untuk warna gaun pengantin, karena warna ini dianggap melambangkan kesuburan dengan harapan sang pengantin akan melahirkan banyak anak hahhaa 😀 . Di beberapa negara ada sih yang membudayakan warna merah sebagai warna gaun pengantinnya hehe..

Kalo jaman sekarang ini siih., gaun pengantin itu uda terserah si pengantinnya, ada yang pake warna krem, ada yang pink, yaah suka2 😀 . Kira2 para pembaca sekalian, bagi yang belum menikah, nanti calon istrinya pake gaun berwarna apa nih yaa?? 😀 .

Comments

  1. By Ubayd

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *