Kenapa Bisa Terjadi Petir…???

Yaah.., melihat mendung sore ini yang agak petang., jadi kepikiran petir hehehe.., moga aja gak ujan heehhe.., 😀 . Bunga api listrik ini sangat indah dilihat, tapi meskipun indah jangan pernah berharap menyentuhnya, tegangan listrik yang berada dalam petir bisa mencapai puluhan ribu volt, tubuh dapat terbakar seketika dibuatnya, pohon dapat terbelah dan terbakar, gedung pun bisa hancur dibuatnya :(.

Petir adalah lompatan bunga api raksasa antara dua massa dengan medan listrik berbeda, ini kata orang fisika. Petir terjadi akibat perpindahan muatan negatif menuju ke muatan positif. Prinsip dasarnya kira-kira sama dengan lompatan api pada busi (dalam contoh kecil).

Petir adalah bentuk pelepasan muatan energi listrik di awan. Energi dari pelepasannya begitu besar, sehingga menimbulkan kilatan cahaya, panas, dan bunyi yang sangat kuat yang kita kenal dengan geluduk, guntur, atau halilintar.

Begitu besarnya energi yang terlepas membuat awan yang dilewati terang dibuatnya, sebagai akibat udara yang terbelah, sambarannya yang rata-rata memiliki kecepatan 150.000 km/detik itu juga akan menimbulkan bunyi yang memekakkan telinga.

Petir ada yang terjadi sesaat sebelum hujan, dan ada yang terjadi saat sedang hujan. Ngomong2 soal ujan, setelahnya biasanya terbentuk pelangi yang indah ehhehehe.. Naah itulah artikel yang dapat aku tulis sore ini saat cuaca mendung gini, semoga bisa bermanfaat 🙂 .

Comments

  1. By pamere

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *