Kenapa Bisa Ada Dahak di Tenggorokan Kita?

batuk

Batuk emang gak enak, apalagi batuk berdahak, bisa brabe kalo dibiarin, temen bisa terganggu karena batuk kita. Tapi yang mau mimin sorotin disini adalah dahaknya, kenapa bisa ada dahak gitu loh?

Normalnya, orang sehat tubuhnya tidak memproduksi dahak, dahak bisa terjadi karena ada proses peradangan pada saluran pernapasan atau disekitarnya. Dahak adalah kumpulan cairan mukosa, sel-sel yang mati serta berbagai macam cairan peradangan. Intinya menunjukkan adanya proses peradangan di daerah tersebut.

Nah proses peradangan ini bermacam-macam sebabnya, bisa karena infeksi, atau alergi, biasanya sih alergi makanan tertentu yang paling sering ditemui sebabnya. Apabila sistem imun seseorang baik, maka biasanya batuk berdahak akan sembuh dengan sendirinya. Tapi jangan dijadikan ini sebagai alasan gak mengobati batuk berdahak looh 🙂 , obati sesegera mungkin, kalo dirasa sudah parah segera konsultasi ke dokter 🙂 .

Kesehatan itu mahal, jadi lebih baik merawat daripada mengobati, ada juga yang bilang bahwa “merawat itu sama dengan separuh obat” , so, jaga kesehatan 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *