Kenapa Bibir Kita Membiru Saat Kedinginan…???

Udah mulai masuk musim ujaan niih., suhu lingkungan sekitar menjadi sedikit lebih dingin dari biasanya. Dikit2 pake jaket hehehe.., yaah sperti itulah yang terjadi.

Bahkan kadang2 sampai bibir kita berubah warna jadi biru gara2 kedinginan tuh. Ini baru di negeri katulistiwa, bagaimana di negeri 4 musim sana ya yang ada musim dinginnya (salju) ? hm… , yaah musim dingin emang musim yang menyedihkan buat bibir 😀 . Bibir itu sangat sensitif, tipis, mudah meretak dan terluka.

Selain itu, pembuluh darah juga mendapat besar akibat perubahan suhu ini (kedinginan). Bila suhu tubuh meningkat, panas akan dikeluarkan sehingga pembuluh darah melebar. Sebaliknya, saat dingin pembuluh darah menyempit, ini digunakan untuk menjaga suhu tubuh.

Tanpa disadari niih., yang kayak gini ini terjadi secara alami. Penyempitan dan pelebaran pembuluh darah ini tidak hanya terjadi pada pembuluh darah besar saja, pembuluh darah kapiler juga ikut2-an 😀 .

Saat cuaca jadi dingin, daerah bibir berubah membiru karena disana banyak terdapat pembuluh darah kapiler. Saat pembuluh darah kapiler ini menyempit, sirkulasi darah terhambat sehingga darah menggumpal, makanya bibir menjadi membiru 🙂 .

Seperti itulah penyebabnya., smoga bisa menambah wawasan kita smua 🙂 . Just Sharing 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *