Kenapa Baterai Harus Dibuang Di Tempat Terpisah…???

Berbentuk tabung, dan berfungsi sebagai sumber daya. Yah., baterai., makhluk satu kecil ini banyak kita jumpai pada kamera, kalkulator, sound recorder, dll. Ada beberapa jenis baterai, ada baterari merkuri, baterai mangan, baterari Li Ion, dll.

Tapi, ada satu bahan yang umumnya terdapat pada sebuah baterai, yaitu merkuri (kalo baterai2 keluaran terbaru kali ini kurang tau isinya apaan). Merkuri ini berbahaya bagi lingkungan.

Jika kita membuang baterai bekas dalam satu tempat sampah yang sama, petugas sampah yang tidak tahu akan bahaya merkuri akan mengubur saja baterai tersebut bebarengan ama sampah lain di dalam tanah.

Naah., lama kelamaan merkuri yang ada pada baterai tersebut meleleh dan mengalir ke tanah, sudah dapat ditebak kelanjutannya kan? ya,, tanah menjadi tercemar, terlebih lagi kalau dekat dengan sungai, maka air di sungai tersebut ikut tercemar.

Merkuri yang mengalir di sungai akan menyebabkan ikan2 sulit idup disana, dan kalo merkuri mencemari tanah, maka tumbuhan sulit hidup.

Dan kalau kita minum air yang uda tercemar merkuri, kita bisa mengalami gangguan pencernaan, seperti sakit perut, muntah, diare, dan apabila kandungannya berlebihan dapat menyebabkan kematian.

So., mari bijak2 membuang sampah pada tempatnya, dan disesuaikan dengan jenis sampahnya. Agar tidak mencemari lingkungan. Jaga bumi kita agar selalu bersih, bersih itu indah 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *