Kenapa Ban Mobil/Motor Berwarna Hitam…???

Bagian mobil/motor yang satu ini sangat penting buat keamanan pengendaranya, bagaimana tidak, kalo misalnya menggunakan ban yang sangat tipis, Atau juga kalau menggunakan ban yang berukuran terlalu kecil (tidak standard) mobil akan sangat mudah untuk tergelincir.

Ban terbuat dari karet, tapi membuatnya pastinya bukan asal-asalan saja, tidak hanya mencetak karet menjadi bentuk ban bunder kayak gitu doang, karna menyangkut keselamatan pengendaranya. Untuk membuat ban yang kuat, dalam bahan pembuatannya harus ditambahkan “Karbon Hitam” .

Karbon Hitam yang bercampur dengan karet akan menghasilkan adonan karet ban yang kuat. Karbon Hitam ini berbentuk bubuk, dicampur ke karet saat proses pembuatan “adonan” ban hehheheee 😀 , kayak mau buat kue aja 😀 .

Secara teknis sih., ban bisa diberi warna lain dengan menambahkan pewarna. Tapi pastinya prosesnya juga bertambah satu lagi kan? akibatnya waktu produksi juga semakin lama, efeknya,  harga jual ban juga menjadi lebih mahal kan? maka dari itu ban lebih banyak digunakan warna “Default“-nya, hitam, yang berasal dari Karbon Hitam pada proses pembuatannya.

Yuhuu.., seperti itulah alasannya., moga dapat menambah pengetahuan kita smua, waktunya minum susu ama yogurt dulu sebelum tiduuur 😀 , udah malam., ikan bobook 😀 .

No Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *