Kenapa Angka 13 Dikaitkan Dengan “Sial”…???

“Celaka 13!!!” .., yaah itu yang biasanya terucap saat menerima kepanikan besar., orang indonesia yang aku tau :D., konon katanya angka ini membawa sial., tau tuh yang mana yang bener., di jaman modern kaya gini biasanya hal2 mistis uda berkurang., tapi entah napa ama fenomena “angka 13” ini kok masih aja eksis wkwkwk 😀 .

Mitos ini rupanya udah merasuk ke kehidupan kita sehari2., sebage contoh., liat aja di hotel2., ada beberapa yang menghilangkan lantai 13, langsung lantai ke-14. Nomor rumah juga gitu., nomor 13 hilang n biasanya diganti dengan nomor 12A dan 12B, terus 14. Nama penjahat kelas kakap berikut ini juga terdiri dari 13 huruf, yaitu : Jack the Ripper, Charles Manson, Jeffrey Dahmer, Theodore Bundy, dan Albert De Salvo.

Yang paling fenomenal adalah Peristiwa Peluncuran Pesawat Angkasa Apollo 13 yang diluncurkan pada 11 April 1970 pukul 13:13 yang pada akhirnya gagal mengorbit karena pesawatnya meledak dan hancur, dan uniknya tanggal peluncuran kalau dijumlahkan (1+1+4+7+0= 13)., dan 13 bla bla blaaa lainnya hadeeee 😀  .

Sejarahnya (Konon Katanya)

Hm.., konon katanya seeh., kepecayaan mitos ini berasal dari pengetahuan kuno bernama Kabbalah. Kabbalah merupakan sebuah ajaran mistis kuno, yang telah dirapalkan oleh Dewan Penyihir tertinggi rezim Fir’aun yang kemudian diteruskan oleh para penyihir, pesulap, peramal, paranormal, terlebih oleh kaum Zionis-Yahudi yang kemudian mengangkatnya menjadi satu gerakan politis, hm…(ngelus2 dagu 😀 ) .

Bangsa Yahudi sejak dahulu merupakan kaum yang secara ketat memelihara Kabbalah. Di Marseilles, Perancis Selatan, bangsa Yahudi ini membukukan ajaran Kabbalah yang sebelumnya hanya diturunkan lewat lisan dan secara sembunyi-sembunyi. Mereka juga dikenal sebagai kaum yang gemar mengutak-atik angka-angka (numerologi), sehingga mereka dikenal pula sebagai sebagai kaum Geometrian.

Menurut mereka, angka 13 merupakan salah satu angka suci yang mengandung berbagai daya magis dan sisi religius, bersama-sama dengan angka 11 dan 666. Sebab itu, dalam berbagai simbol terkait Kabbalisme, mereka selalu menyusupkan unsur angka 13 ke dalamnya. Kartu Tarot misalnya, itu jumlahnya 13, kartu Brim Reaper pada kartu tarot juga berada pada urutan ke-13. Kartu Remi, jumlahnya 13 (As, 2-9, Jack, Queen, King) hm…(manggut2 😀 ).

Friday the 13th (hari Jum’at tanggal 13)

Ini niih., belum selese mitos dengan angka 13, ada lagi mitos kalo katanya hari jum’at yang ber-tanggal 13 dianggap hari paling buruk.., hadeeee apaan lagi ini wkwkwkw 😀 . “Friday the 13th” ternyata adalah judul sebuah film pada tahun 2009 lalu karya Simon Hawke, mungkin ini kali ya yang nyebabin orang semakin menjadi2 takutnya dengan hari tersebut 😀 .

Tapi kayae gak ngefek deh kalo buat  orang indonesia, kok gitu? soale mereka lebih takut kalo pas malam Jum’at Kliwon daripada Jum’at 13  wkwkwkwkwk pada merinding smua tuh bulu kuduk wkwkwk 😀 . Banyak banget di internet ngebahas mengenai fakta2 hari jum’at 13., googling aja banyak 😀 .

Phobia

Beberapa orang ada yang sangat mengalami ketakutan dengan angka ini, yang semacam ini lazim disebut dengan istilah  “Trikaidekaphobia” , kesulitan baca? ini nih tak eja satu2 : TRIKAIDEKA-PHOBIA. Sedangkan bagi mereka yang takut dengan hari Jum’at 13, disebut dengan “Paraskevidekatriaphobia” , eja-nya PARA-SKEVIDEKATRIA-PHOBIA, kesulitan baca .

Naah.., smoga bisa nambah pengetahuan temen2 smua.., keep sharing 🙂 .

Sumber : MilkyCreationsz

Comments

  1. By lina ayu pujayanti

    Reply

    • Reply

  2. Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *