Kenapa Air Panas Lebih Cepat Membeku Daripada Air Biasa…???

Huwaaaaaa!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!…, kangen blog-ku akuuu 😀 ., lama banget kagak nulis 🙁 ., maklum kesibukan sehari2 makin padet hehehehe… Mengenai pertanyaan di atas, hah? serius loh? emang yang panas bisa membeku lebih cepat? hm..,

yaaah., aku aja baru tau hari ini wkwkwkw 😀 ., dan usut punya usut., ternyata memang benar loh kalo air panas jika dimasukin kedalam freezer bakal membeku lebih cepat dibandingin ama air bersuhu normal. Lha kok bisa begitu? naaah ini nih masalahnya., ternyata masalah ini belum ada yang menemukan solusinya sodara2., yuk ikuti ceritanya dibawah ini

History

Jadi ceritanya gini., sebenarnya fenomena ini sudah ditemukan tahun 1963 dulu kala oleh seorang pelajar SMP di Tanzania. Nama pemuda itu adalah Erasto B. Mpemba, ia menemukannya secara tak sengaja saat mengikuti kelas memasak. Saat itu ia ingin membekukan adonan ice cream panas dan ia mendapati bahwa adonannya membeku lebih cepat daripada punya teman2-nya yang memasukkan ke freezer saat adonan uda dingin.

Setelah lulus, ia melanjutkan sekolah di Mkwawa Secondary School, Iringa, Tanzania (setingkat SMU). Pada suatu saat, Kepala sekolah-nya suatu ketika mengundang Dr. Denis G. Osborne dari University College in Dar Es Salaam untuk memberikan kuliah tentang fisika. Setelah selesai memberikan kuliah, Erasto Mpemba bertanya kepadanya mengenai kejadian aneh saat memasak ice cream, gini pertanyaannya

Jika Anda mengambil dua kontainer yang sama dengan volume air yang setara, yang satu bersuhu 35 ° C (95 ° F) dan yang lainnya di 100 ° C (212 ° F), dan menempatkan mereka ke freezer, yang suhunya 100 ° C (212 ° F) membeku lebih dahulu. Mengapa?

Mpemba menjadi bahan ejekan teman-teman dan gurunya saat melontarkan pertanyaan itu. Tapi Dr. Osborne dengan rasa ingin tahu kemudian bereksperimen mengenai masalah ini pada saat kembali ke tempat kerjanya dan mengkonfirmasi bahwa apa yang ditemukan Erasto’s adalah benar. Kemudian mereka (Mpemba dan Dr. Osborne) menerbitkan hasilnya bersama-sama pada tahun 1969.  Dan kemudian fenomena ini diseubt Mpemba Effect sesuai dengan nama penemunya.

Jurnalnya : 

  • Mpemba, Erasto B.; Osborne, Denis G. (1969). “Cool?”. Physics Education (Institute of Physics) 4: 172–175
  • Mpemba, E B; Osborne, D G (1979). “The Mpemba effect”. Physics Education (Institute of Physics) 14: 410–412

Teori

Penjelasan yang mungkin dari fenomena ini, walaupun masih diperdebatkan adalah :

Evaporation/Penguapan, yang dijelaskan dalam buku Jearl Walker, The Flying Circus of Physics (Wiley, 1975)] bergantung pada fakta bahwa air panas menguap lebih cepat, sehingga pada saat yang sama berikutnya akan terjadi berkurangnya massa air panas, hal ini akan menyalip air dingin dan membeku lebih dahulu, karena lebih rendah massa, semakin pendek waktu pembekuan.

Container and Surroundings / Kontainer dan Sekitarnya : Kontainer di mana air diletakan, serta permukaan atau lingkungan di mana ia ditempatkan, juga dapat mempengaruhi proses pendinginan berbeda pada temperatur yang berbeda.

Penjelasan

Sampai saat ini., para ilmuwan masih dibuat bingung dengan fenomena yang terjadi selama 49 tahun ini (sampai 2012), dan belum ada seorangpun yang dapat memberikan penjelasan secara ilmiah dan dapat dipertanggungjawabkan. Hm.., ternyata 😀

Manfaat

Hm.., meskipun sampai saat ini belum ada yang memecahkan, ternyata dalam kehidupan sehari2 efek Mpemba ini banyak digunakan looh 😀 ., tuh biasanya orang2 penjual ice cream biasanya menggunakan susu hangat untuk mengambil keuntungan dari efek ini :D.

Quiz

Naah ini niih.,saking sumpegnya para ilmuwan buat memecahkan fenomena ini, mereka sampe mengadakan kuis tebak2-an 😀 ,  bagi temen2 yang ahli dalam bidang fisika, ato gak ahli dalam bidang fisika tapi mempunyai landasan yang kuat mengenai pemecahan fenomena ini dapat menorehkan jawaban temen2 di website yang sudah ditentukan, hadiahnya gede looh,, yaitu £1000 kira2 kalo di-kurs-kan kurang lebih Rp. 14,7 juta weeewww 😀 mau mau mau???.

Jawaban dikirim kesini :
http://www.hermes2012.org/ice/

Info lebih lanjut :
http://www.rsc.org/AboutUs/News/PressReleases/2012/mpemba-effect-water-ice-hot.asp

Moga tulisan ini bisa nambah info n pengetahuan temen2 smua., ^_^ 😀

Sumber : Wikipedia

 

Comments

  1. By Denny

    Reply

  2. By Irene Paramita

    Reply

  3. By enha

    Reply

    • Reply

  4. Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *