Fakta Dibalik Tahun Kabisat…???

Hm.., tahun kabisat? yaah pastinya temen2 smua uda tau tahun yang satu ini kan? Yap!! tahun kabisat adalah tahun yang jumlah hari dalam satu tahunnya berjumlah 366 hari. Pada umumnya yang kita ketahui adalah tahun kabisat itu tahun yang habis dibagi empat kan? Hm.., angapan ini emang bener, tapi kurang tepat ternyata sodara2 😀 . Loooh kok gitu? knapa? hm.., “Kassi tau gak yaaaa..???” wkwkwkwkw 😀 .

Jadi gini, menurut sumber2 yang gua baca 😀 ., setelah diteliti lagi dengan perhitungan yang tepat, dalam satu tahun ternyata tidak benar-benar persis terdiri dari 365 hari loh, tetapi lebih tepatnya 365 hari, 5 jam, 48 menit, dan 45, 1814 detik. hm… (ngelus2 dagu) . Naah., kalo angka detail tersebut diabaikan, maka setiap  4 tahun sekali akan terjadi kekurangan kurang lebih 1 hari. Naah itulah alasannya kenapa diberi satu hari tambahan pada bulan Februari untuk menutupi kekurangan 4 tahun sekali itu, yaitu tanggal 29.

Tapiii.., karena 5 jam, 48 menit, dan 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun-tahun yang bisa dibagi 100 dan empat (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000). Jadi untuk mempermudahnya, dibuatlah algoritma untuk memudahkan menentukan tahun kabisat, berikut algoritmanya :

  1. Jika angka tahun itu habis dibagi 400, maka tahun itu sudah pasti tahun kabisat.
  2. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400 tetapi habis dibagi 100, maka tahun itu sudah pasti bukan merupakan tahun kabisat.
  3. Jika angka tahun itu tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100 akan tetapi habis dibagi 4, maka tahun itu merupakan tahun kabisat.
  4. Jika angka tahun tidak habis dibagi 400, tidak habis dibagi 100, dan tidak habis dibagi 4, maka tahun tersebut bukan merupakan tahun kabisat.
Naah.., yuk mari kita sosialisasikan info ini 😀 ., jadi biar tahu smua., bagi temen2 programmer ato yang baru belajar pemrograman yang belum tau  kayae kudu ngerubah source code mereka deeh :D.,

Terus katanya ada istilah Detik Kabisat?? apaan itu?? ada hubungannya gak ama tahun kabisat?? baca aja disini  : Apa Itu Detik Kabisat (Leap Second)…???. Keep sharing ^_^

Ditulis dari berbagai sumber

Comments

  1. By Rimo

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *