Di Manakah April Mop Ditemukan…???

Yaah.., meskipun bulan april sudah berlalu, biarlah., buat jaga2 aja kali aja tahun depan ada yang ngisengin jadi gak kaget 😀 . Yap!! sekali dalam setahun, dalam tradisi orang barat terdapat satu hari yang kita diperbolehkan untuk berbohong, hari itu jatuh pada tanggal 1 April, hari itu disebut April Mop.

Kebohongan yang terjadi pada hari itu akan dimaklumi dan dianggap sebagai sebuah lelucon yang bertujuan agar semua orang ikut tertawa bersama. Kisah ini dimulai ratusan tahun yang lalu di Prancis pada saat kekaisaran Raja Charles ke-9.

Sebelum itu, dulu di Prancis tanggal 1 April adalah awal dimulainya tahun baru. Kemudian pada masa Charles ke-9 tahun baru diganti dan dimulai pada tanggal 1 Januari. Beberapa rakyatnya yang sudah terbiasa dengan bertahun baru pada tanggal 1 April menentang hal ini, dan mulai membuat perayaan tahun baru palsu sebagai tanda protes kepada raja. Dan sejak saat itu kebiasaan menipu/berbohong dan membuat lelucon tanggal 1 April dimulai :).

Saat ini, April Mop tidak hanya terjadi di negara barat, budaya ini juga menyebar sampai ke NKRI, sudah banyak yang jadi korbannya 😀 . Naah bagaimana dengan pembaca sekalian? Sudah ada yang pernah jadi korban April Mop? Bagaimana ceritanya nih?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *