Darimana Air Kelapa Berasal?

minum air kelapa 1

Air kelapa?? hm.., suegeeeernyaaaaa …, apalagi diminum panas-panas saat siang bolong,, fyuuuh rasanya itu sesuatu banget., hahaa lebay dikit 😀 . Terkadang kita hanya menikmati airnya saja, tanpa pernah memperhatikan kenapa bisa ada air ya di dalamnyaa, bener gak? aku pun juga begitu 😀 .

Tapi akhirnya misteri yang nyangkut di pikiranku ini terpecahkan, usut punya usut, jawabannya singkat, dari air yang berasal dari tanah, sangat singkat kan jawabannya. Setiap tumbuhan memerlukan air untuk tetap hidup, air yang ada di dalam tanah diserap oleh tumbuhan melalui akar, melewati batang, dan berakhir di buah.

Banyak sedikitnya air yang terdapat dalam buah kelapa ini tergantung pada usia buah kelapanya sendiri. Buah kelapa muda (degan) memiliki jumlah air yang lebih banyak daripada buah kelapa yang berusia tua. Kenapa bisa begitu? semakin usia umur buah kelapa, air yang ada didalam buah akan menyusut dan berasngsur2 berubah menjadi daging buah.

Buah kelapa muda hanya memiliki sedikit daging buah (dan rasanya kenyal) tapi mempunyai banyak air buah, buah kelapa tua memiliki daging buah yang tebal tetapi jumlah air yang sedikit 🙂 .

Oh iya., ngomong2 air kelapa ini memiliki banyak khasiat looh, berikut beberapa manfaat yang dikutip dari kompas forum :

1. Air kelapa banyak dikonsumsi sebagai minuman elektrolit mengandung natrium, kalium, kalsium, dan magnesium.

2. Air kelapa bergizi dan sehat bagi tubuh karena rendah lemak dan kalori, sehingga mencegah Anda dari kelebihan berat badan.

3. Segelas air kelapa dalam proses pencernaan memberikan bantuan dari peradangan dan keasaman. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki asam laurat yang menyembuhkan gangguan pencernaan saluran.

4. Air kelapa tidak hanya menyegarkan, tapi juga memberikan efek pendinginan untuk tubuh Anda dan saluran pencernaan. Sistem kerja pada lambung dapat menyebabkan peradangan dan ini dapat disembuhkan dengan air kelapa. Ini juga mengontrol suhu tubuh.

5. Air kelapa juga dikenal sebagai minuman isotonik karena merehidrasi tubuh. Jadi, teguklah dua hingga tiga gelas air kelapa saat tubuh Anda dehidrasi.

6. Salah satu manfaat kesehatan terbaik dari air kelapa itu rendah gula yang membuatnya menjadi minuman bergizi bagi pasien jantung dan diabetes. Hal ini juga membantu dalam penurunan berat badan. Banyak pelaku diet lebih suka minum lima-enam gelas air kelapa untuk menurunkan berat badan.

7. Ini adalah minuman energi dengan enzim bioaktif yang meningkatkan metabolisme Anda dan meredakan rasa lelah. Manfaat air kelapa pada sistem pencernaan seperti membersihkan racun dari tubuh.

8. Air kelapa adalah obat alami untuk menyembuhkan infeksi urin. Hal ini tentu berlaku pada kesehatan ginjal dan batu uretra.

9. Air kelapa juga menanggulangi masalah kerontokan pada rambut karena air kelapa meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh.

10. Air kelapa pun dapat membersihkan kulit yang berjerawat dan membantu mendapatkan kulit mulus.

Bahkan air kelapa hijau (spesies kelapa tersendiri) sering digunakan minuman oleh ibu hamil untuk menetralisir racun2 yang ada dalam tubuh agar si janin nantinya keluar sehat.

Naah jadi seperti itulah asal muasal kenapa ada air kelapa di dalam buahnya hehe., semoga informasi yang singkat ini dapat menambah wawasan pengetahuan kita semua.

Ngomong-ngomong,, foto orang minum air kelapa satu ember diatas ngapain disensor ya? entahlaah,, dapat dari Google, buat lucu-lucuan aja 😀

Comments

  1. By Riko

    Reply

    • Reply

  2. Reply

    • Reply

  3. By Yusha Amira Zalfania

    Reply

  4. By Tri

    Reply

    • Reply

      • By wawan

        Reply

  5. By yui's

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *