Berapakah Berat Bumi…???

Jawaban cepatnya adalah : 6.000.000.000.000.000.000.000.000 (6 x 1024 ) kilogram. Lhooo..? kok bisa tau..? Gimana cara ngitungnya..? hm……(pake emoticon ngelus2 dagu),, kasi tau gak yaaaaa???  (gaya ngomongnya temenku si Ninda),, hahahahahahaaaa…  😀 (senyum ala pahlawan bertopeng) wkwkwkw… (Hyaaaaaaa kumat GJ wesss 😀 )

Ini tidak seperti menimbang berat badan pada umumnya. Untuk menghitung benda yang besar seperti planet, dilakukan dengan menghitung daya tariknya terhadap benda-benda lain disekitarnya.

Setiap benda mempunyai tarikan gravitasi satu dengan yang lainnya (kata guru fisika-ku dulu seh gitu hehehe 😀 ) . Jika kita meletakkan dua buah bola bowling (misalnya) saling berdekatan, secara gravitasi mereka akan saling tarik menarik. Tetapi tarikannya sangat lemah, sehingga tidak sampai bergerak. Namun apabila kita mempunyai alat ukur yang sensitif, maka kita akan dapat mengetahui tarikan gravitasi yang terjadi kedua bola itu. Dari pengukuran itu, kita dapat menentukan massa dari kedua bola itu. Hal yang sama akan terjadi pada benda lain, misalnya bola golf, tetapi tarikannya lebih lemah lagi, karena dipengaruhi oleh besarnya massa yang dikandung benda. Dan pada nyatanya, bola golf memang lebih kecil daripada bola bowling.

Mari Berhitung…

OK, mari kita mulai pelajaran Fisika-nya 😀 . wkwkwkwk sok banget (astaghfirullah..,[sambil ngelus dada..] gak bole sok…) . Padahal aku anti banget ama pelajaran yang satu ini, tiap ikuti pelajaran ini mesti nelat wkwkwk, aku paling suka telat waktu SMA dulu heheheh.., kalo pas pelajaran Fisika nelatnya tak tambahin wkwkwkwk (dikit curhatan cowok nakal 😀 ) . STOP!!! .

Mari lanjut….

Pak Newton menunjukkan bahwa sebuah benda yang berbentuk bola, mempunyai gaya tarik menarik yang dimiliki oleh kedua benda. Kita dapat membuat anggapan bahwa massa dari benda2 tersebut terkonsentrasi pada titik tengah bola. Gini neh rumus-nya Pak Newton :

F = ( G x M1 x M2 ) / R2  ……………………..( persamaan 1 )

F : Gaya tarik menarik kedua buah benda (N)
G : konstanta, besarnya : 6,67 x 10-11 (m3/s2kg)
M1 : Massa benda pertama (kg)
M2 : Massa benda kedua (kg)
R : Jarak pemisah kedua benda (meter)

Salah satu contoh gaya gravitasi yang sering kita temui adalah gaya tarik menarik bumi dengan bulan atau bumi dengan benda2 lain di permukaannya, yang biasanya jatuh ke bumi. Rumusnya :

Gaya Gravitasi / Gaya Berat :

W = m x g    ……………………………… ( persamaan 2 )

W : Berat benda (N)
m : massa benda (kg)
g : percepatan gravitasi ( 9,8 m/s2)

Massa bumi yang akan kita cari, sebut saja massa bumi dengan M1. Sedangkan M2 anggap sebuah bola seberat 1 kg. Kita dapat menghitung Gaya-nya dengan menjatuhkan benda bulat 1 kg tersebut, dan dengan percepatan gravitasi bumi, akan didapatkan kalau Gaya diantara keduanya adalah 9,8 Newton ( persamaan 2 ). Jari2 bumi adalah 6.400.000 meter.

Jika kita memasukkan semua nilai ini dan menyelesaikan M1, maka kita akan mendapatkan massa bumi adalah sebesar :   6.000.000.000.000.000.000.000.000 (6 x 1024 ) kilogram.

Kenapa? (kayak ekspresi bengong…) Bingung liat rumus2 fisika??? samaaa…, 😀 . udaaah…, terima aja dah angka matangnya, gak usa ikutan ngitung wkwkwk.. yang jelas massa bumi ya segitu itu besarnya hehehehehe.. 😀 .

Akan lebih tepat kalo kita nyebutnya dengan massa dibandingkan berat. Kenapa? karena berat adalah kekuatan yang dihasilkan oleh medan gravitasi. Kita dapat mengambil bola bowling dan mengukur beratnya di bumi dan di bulan. Berat di bulan sebesar 1/6 dari berat di bumi, tetapi jumlah massa bola bowling sama di kedua tempat itu.

Mau Dibandingkan?

6.000.000.000.000.000.000.000.000 (6 x 1024 ) kilogram adalah massa yang besar. Massa bumi konstan sangat berat sehingga sulit mengukurnya. Berikut ini adalah tiga perbandingan yang mungkin bisa membantu kita untuk mendapatkan gambaran tersebut.

  • Perkiraan kasar ada 6 Milyar orang di bumi. Jika kita menganggap setiap orang mempunyari berat 70 kg, berarti massa kasar tiap orang adalah 7 kg, kok gitu? Rumus Fisika ( persamaan 2 ) . Keseluruhan massa orang2 di bumi adalah 42.000.000.000 Kg. Massa ini hampir tidak membuat lekukan pada total massa bumi.
  • Kira2 ada 2,2 x 1021 kg air di bumi dalam bentuk laut, danau, sungai, kutub es, uap air di atmosfer. Hal ini berarti kira2 0,02% massa bumi adalah air.
  • Massa matahari kira-kira 2 x 1030 kg. Jadi, matahari kira2 sama dengan 330.000 kali bumi.

Apakah Bumi bertambah Berat?

Secara teori, bumi menerima tambahan beban dari meteor, dan jumlahnya tidak main-main. Micrometeorit, misalnya menghantam atmosfir bumi tiap hari. Jika ditambah meteor besar yang juga mendarat di bumi maka jumlahnya dalam setahun mencapai 40.000 metrik ton per tahun. Tetapi bumi juga kehilangan materialnya. Bumi kehilangan materialnya dengan dua cara yaitu molekul atmosfir panas yang meninggalkan gravitasi bumi atau peluncuran roket dan wahana angkasa luar.

Menurut National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA), ada sekitar 5.000 roket diluncurkan sejak peluncuran Sputnik tahun 1957. Seandainya saja semua satelit itu masih ada maka beratnya 3,5 metrik ton. Dan jika ditambah dengan satelit-satelit yang diluncurkan belakangan maka jumlahnya bisa 17.500 metrik ton. Kendati besar maka jumlahnya hanya 0.000000001 dari satu persen meteor yang mendarat di bumi.

Namun pertanyaannya, selama berjuta tahun bumi menerima banyak meteorit. Kalau setahunnya saja 40.000 metrik ton maka jumlahnya sangat besar. Kendati demikian jumlahnya kalau dihitung hanya 0.000003 dari satu persen masa bumi. Maka bisa dikatakan berat bumi relatif tetap, sehingga pertambahan itu tidak mempengaruhi orbit bumi mengelilingi matahari.

Taraaaaaaaaaaaaaaaa!!!!!!!!!!!!

Huuuftt.., akhirnya selese juga pelajaran fisika-nya heheheee…, semoga tulisan ini bisa menambah wawasan pembaca smuanya.. keep writing ^_^ .

Comments

  1. By Irfan

    Reply

    • By Tika

      Reply

      • By Irfan

        Reply

      • By Tika

        Reply

      • Reply

  2. By Mulyana

    Reply

  3. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *