Benarkah Tepung yang Dibakar Akan Meledak…???

Wuih..!!! judul postingannya menarik banget nih., beneran kagak tuh? Emang kalo tepung dibakar/dipanasin bakal meledak? yuuk mari  langusng aja disimak. Tepung putih kebanyakan terbuat dari pati. Pati adalah karbohidrat. Hal itu berarti pati terbuat dari molekul2 gula yang terangkai menjadi satu.

Udah ada yang perna nge-bakar manisan empuk berwarna putih ato gula2? bagi yang uda pernah pasti tau kalo gula mudah terbakar jika didekatkan dengan api. Naah begitu juga tepung..,

Tepung dan karbohidrat-karbohidrat lainnya bisa meledak ketika mereka terbang di udara sebagai debu. Supaya campuran tepung ini menyala, diperlukan 50 gram per meter3 (1 atau 2 gram debu per kaki3 , ini kalo pake satuan orang luar sono 😀 ). Butiran2 tepung sangat kecil sehingga dapat terbakar dengan cepat. Saat butiran2 tepung terbakar, butiran ini akan membakar butiran2 di dekatnya dan kobaran api akan menyala melalui awan debu dengan kekuatan ledakan.., ooww gituuu 😀 .

Debu2 karbohidrat lainnya seperti gula, campuran puding, dan serbuk gergaji yang halus juga akan meledak jika dibakar. Ketika kita mendengar adanya ledakan di gudang gandum (biasanya) , hal inilah yang terjadi. Percikan atau sumber panas telah membakar debu2 di udara dan meledak.., wooow 😀 .

Begitulah ceritanya.., keep writing n sharing 🙂

Comments

  1. By Ringgo

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *