Bagaimana Garis Pada Tubuh Zebra Dapat Digunakan Sebagai Kamuflase…???

Pernah melihat zebra kan? yaah meskipun kagak ke afrika kan bisa liat zebra di kebun binatang hehehehe 😀 . Pernah terpikir ngapain zebra itu nge-cat tubuhnya hitam-putih? ato ada orang yang sengaja nge-cat hewan itu? wkwkwkkwk 😀 ., kurang kerjaan banget., dari sana-nya hewan itu emang belang2 gitu deeh., biar lebih asik mungkin wkwkwkwk :D.

Gimana garis pada zebra dapat digunakan sebagai kamuflase, padahal dia tidak hidup di lingkungan hitam-putih? perna kepikir gak? naah disini bakal kita bahas berdasarkan dari apa yang aku dapat dari membaca 😀 . Jika kita melihat zebra, hewan ini unik, ya karna garisnya itu looh 😀 . Ternyata garis itu emang membantu banget bagi zebra loh, para ahli ilmu hewan percaya bahwa garis2 itu melindungi zebra dari pemangsa2 dengan cara yang berbeda2.

Garis2 tersebut melindunginya dari pemangsa utama zebra, yaitu Singa. Tipe kamuflase atau penyamaran ini mirip dengan seragam militer (tapi gak berwarna ijo gitu 😀 ). Garis2 ini membaur dengan garis2 gelombang rumput yang tinggi yang ada di sekitarnya. Tidak menjadi soal jika garis2 zebra ini hitam-putih, sedangkan garis2 pada rumput berwarna coklat atau kuning atau hijau, soalnya ternyata singa ini buta warna hahahahahah 😀 . Pola garis penyamaran jauh lebih penting daripada warna rumput ketika bersembunyi dari pemangsanya. Apabila zebra berhenti bergerak di lingkungan yang sesuai garisnya, ia akan terhindar dari pandangan singa.

Dalam beberapa hal garis2 ini membantu seekor zebra, tapi akan lebih baik jika zebra berada dalam kelompok. Zebra biasanya berjalan dalam kelompok2 besar. Di dalam kelompok tersebut zebra saling berdekatan satu sama lain. Dalam kelompok besar sekalipun dengan pola penyamaran ini sulit bagi seeokor singa melihatnya. Bahkan pola ini akan lebih menguntungkan dalam kelompok besar.

Ketika zebra2 bersama2 dalam kelompok besar, garis pada masing2 zebra bercampur, ini membingungkan singa karena melihat banyak garis yang terus bergerak bukan banyak individu zebra 😀 . Singa akan kesulitan memilih seekor zebra sehingga sulit bila menerkam. Sulit bagi singa untuk mengenali kemana zebra bergerak. Ketidakmampuannya dalam mengenali zebra ini juga membuatnya sulit untuk menentukan dan melacak zebra2 yang lemah dalam suatu kelompok. kwkwkwkw 😀 .

Apakah garis2 ini membingungkan zebra lain seperti halnya membingungkan singa? Anehnya nih yaa, garis zebra yang membingungkan hewan lainnya ini ternyata sangat membantu zebra untuk mengenal satu sama lain sodara-sodaraaaa :D. Pola garis menjadi semacam “sidik jari” bagi zebra. Setiap zebra mempunyai susunan garis yang sedikit berbeda. Ahli Zoologi percaya garis itu membuat zebra dapat mengenali zebra lain dalam kelompoknya.

Pola ini sangat menguntungkan, contoh, induk zebra dan anaknya dapat saling melacak meskipun dalam satu kelompok besar, dan seekor zebra dapat dengan cepat membedakan kelompoknya dengan kelompok lain. Ini juga membantu para peneliti karena mereka dapat melacak zebra tertentu di alam bebas., wooowww 🙂 .

Naah gitu tuh ceritanya ternyata sodara2 😀 . Mantab dahh!!!

Comments

  1. By tanpa nama

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *