Bagaimana Seandainya Kita Menahan Bersin…???

Hatchim…sraatt sruuut…, hatchim…!!! hehehehehe legaaaa banget abis bersin 😀 ., beberapa orang biasanya nahan bersin, apalagi kalo di suatu forum seperti rapat., tapi sebenarnya hal ini malah menimbulkan masalah bagi tubuh kita, let’s see..

Berdasarkan penelitian., kecepatan bersin seseorang itu berkisar kurang lebih 161 Km/Jam .., wooow!! cepet banget bukan?? naah., sekarang bayangin seseorang yang uda di-ujung mau bersin tiba2 menahannya., pastinya tubuh-lah yang akan menanggung beban kecepatan 161 Km/Jam ini secara tiba2 🙁 ., mengerikan bukaan?? .

Jika kita menahannya, pasti mempengaruhi organ2 tubuh lainnya,, dan lagi kotoran yang seharusnya dapat keluar dari tubuh bersama dengan bersin akan tak jadi keluar kalo kita menahannya, dan lagi hidung akan menjadi kotor.

Di DoctorOz.com , Dr. Michael Roizen mengatakan :

Bersin merupakan kegiatan yang positif karena memiliki fungsi membersihkan faring (rongga antara hidung, mulut dan tenggorakan) dan ini adalah hal yang baik, sedangkan menahan bersih justru berbahaya karena bisa menimbulkan beberapa risiko.

Dr. Roizen juga menambahkan, ada beberapa bahaya yang bisa ditimbulkan akibat seseorang menahan bersin, yaitu :

1. Menyebabkan patah tulang di tulang rawan hidung

2. Mimisan

3. Pecahnya gendang telinga

4. Vertigo (kondisi dimana terjadi rasa pusing seperti berputar yang amat sangat mengganggu)

5. Retina yang terlepas atau mengalami emfisema. Hal ini karena tubuh berusaha menahan kecepatan dari bersin yang tinggi. Cedera yang timbul umumnya mempengaruhi struktur bagian dalam kepala.

Emfisema adalah dapat menyerang anak-anak maupun orang dewasa, kondisi ini sangat berbahaya dan berpotensi mematikan karena dapat membatasi pasokan udara. Tanda-tanda yang muncul biasanya wajah atau leher yang membengkak dan timbul rasa ketidaknyamanan.

Naah gak baik bukan kalo menahannyaa.., kentut juga jangan ditahan., kalo ngantuk juga cepat tiduur heheheh., uda dee.., gak usa macem2 😀 ., tapi ingat., bersin-lah yang sopan hehehe., tutupi pake sapu tangan ato tisu biar gak gitu menyebar bakteri2-nya heheheh.. 😀 ., that’s all 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *