Bagaimana Pompa Bensin Mengetahui Jika Tangki Mobil Sudah Penuh…???

Perna ke pom bensin kagak? wwkwkkwk aku yakin pasti uda pada perna kesana πŸ˜€ . Perna merhatiin gak waktu pas isi bensin ato bahan bakar lainnya tiba2 alat pengisi-nya tiba2 tersentak dan bersuara “jeglak” , entah yang bener suaranya gimana sulit nulisnya wkwkwk πŸ˜€ , yang jelas tersentak gitu dah dan ngeluarin suara πŸ˜€ . Yap!! itu yang dimaksud dalam postingan kali ini, begitu tersentak maka pengisian akan terhenti. Mari bahas gimana cara kerjanya πŸ˜€ .

Cara kerja alat ini sebenarnya sangat sederhana, tetapi mungkin banyak diantara kita yang tidak mengetahuinya kan? yaah aku ndiri baru tau barusan wkwkwkwk.. πŸ˜€ . Alat ini merupakan alat mekanik murni yang sederhana. Di dekat ujung pipa pompa bensin ada sebuah lubang kecil dan sebuah pipa kecil yang menghubungkannya dengan pegangan.Β Pengisap yang digunakan pada pipa menggunakan venturi. Ketika tangki mobil/motor belum penuh, udara ditarik melalui lubang alat pengisap dan udara mengalir dengan mudah. Ketika bensin dalam tangki penuh dan menutup lubang, hubungan mekanis yang ada menutup mulut pipa.

Sulit dibayangin? πŸ™ . Ok aku beri ilustrasi lain, bayangin sebuah pipa kecil dengan pengisap di salah satu ujungnya. Apabila kita memasukkan ujung pipa yang satu ke dalam gelas/wadah yang berisi air, akan memerlukan lebih banyak pengisap. Jadi, kekosongan akan terjadi di tengah2 pipa. Kekosongan itu dapat digunakan untuk memutar pengungkit yang akan menutup pipa.

Gak tau lubangnya? gini deh., kalo pas lagi ngisi bensin pinjem aja alat yang biasa dipegang ama mbak/mas yang jaga wkkwkkw πŸ˜€ ., terus cari aja lubang ini baik dari dalam maupun dari luar mulut pipa. ahahahahaha πŸ˜€ , pastiin dulu kagak ada yang antri dibelakangmu , kalo gak bisa diomeli yang antri ntar wkwkwkkw .,. That’s all…, keep writing ^_^ πŸ™‚

Comments

  1. By Ikan Asin

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *