Bagaimana Lambung Menjaga dari Mencerna Dirinya Sendiri…???

Lambung ooy., bukan lumbung., kalo lambung itu di perut., kalo lumbung mah lumbung padi? Kwkwkwk 😀 (basa-basi gak penting 😀 ) . Ngerti maksud dari judul postingan diatas kan? Yaah kaya yang kita tahu, lambung adalah organ tubuh berongga yang berbentuk kaya sabit mirip seukuran kurang lebih kaya buah melon. Rata-rata lambung orang dewasa neh memuat kira2 3 liter cairan.

Perut kita terdiri dari bermacam2 lapisan termasuk :

  • Serosa : Lapisan terluar yang berfungsi menutupi lapisan yang lain
  • Dua Lapisan Otot : Lapisan kedua ini mendorong makanan dari lambung ke usus halus
  • Mukosa : Lapisan terdalam yang terdiri dari sel2 khusu, termasuk sel parietal, sel g, sel epitel

Sel-sel parietal menghasilkan asam hidroklorat, yaitu asam kuat yang membantu mengahancurkan mekanan. Asam dalam perut kita sangat berkadar tinggi. Jadi, seandainya kita menempatkan sepotong kayu, asam tersebut akan menghancurkan seluruh kayu tersebut, wih!! NGERI!!  .

Perut dilindungi oleh sel2 epitel yang memproduksi dan mengeluarkan cairan bikarbonat yang melapisi mukosa. Bikarbonat bersifat basa yang menetralkan, dan merupakan bahan dasar dan penetralisir asam yang dihasilkan oleh sel2 parietal, serta dalam proses ini menghasilkan air. Penyediaan bikarbonat secara terus-menerus adalah cara utama mencegah lambung kita mencerna sendiri (autodigestion), dan dari suasana asam.., huumb., untunglaah 😀 .

Pada beberapa orang, berkaitan dengan masalah penyediaan darah ke lambung atau produksi asam yang berlebihan, sistem pertahanan ini tidak dapat bekerja dengan baik sebagaimana mestinya. Orang-orang yang mengalami hal semacam ini bisa terserang penyakit lambung (maag). Bakteri-bakteri tertentu yang disebut Helicobacter Pylori dapat menyebabkan rusaknya pertahanan lambung, pelemahan sistem pertahanan perut, dan dapat juga menyebabkan sakit lambung.

Jadi seperti itulah ceritanya,,  selalu berbagi ilmu pengetahuan, heheheheh,, moga bermanfaat ^_^

Comments

  1. By Joko

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *