Bagaimana Cara Kelelawar Menyusui Anaknya…??? [from : Haikal]

ahahaha…, lagi lagi aku bahas kelelawaar πŸ˜€ ., but., makasi buat mas Haikal atas pertanyaannya, kalo dulu aku sempet nulis tentang kelelawar juga yaitu kenapa kelelawar tidur terbalik? , maka kali ini aku mau bahas tentang gimana caranya si hewan satu ini menyusui anaknya πŸ™‚ .

Yap., seperti kita tahu,. kelelawar adalah mamalia, meskipun bisa terbang tapi dia tidak bertelur layaknya burung pada umumnya, tapi berkembang biak dengan beranak dan menyusui, makanya disebut juga mamalia πŸ™‚ . Sebelum membahas mengenai cara menyusuinya, biar runtut ceritanya kita perlu tahu dulu gimana cara dia melahirkannya πŸ˜€ .

Gimana ya? menggantung! itulah jawabannya. Di dunia ini, yang bisa melahirkan dengan cara posisi menggantung cuma ada satu : kelelawar.Β Jari-jari kedua kaki mencengkeram batang pohon atau langit-langit gua. Kepala terbalik, ada di bawah. Tanpa bantuan siapa pun, dengan posisi sulit itu ibu kelelawar melahirkan setelah 3 bulan bunting :D. Eitsss!!! yang pertama keluar bukan kepala seperti lazimnya pada mamalia lain. Namun, kaki belakang dan ekor si jabang bayi. Kepala kelelawar justru keluar belakangan malahan :D.

Bobot anak kelelawar sangat besar, 30% dari bobot induk-rata-rata 30 gram. Bandingkan dengan manusia, bobot bayi hanya 5%, bahkan kurang. Naah baru setelah si anak lahir, si ibu kelelawar dengan kedua sayapnya yang berfungsi sebagai tangan mengarahkan anak kelelawar yang baru lahir itu untuk mengisap puting susu.

Comments

  1. By Joko

    Reply

  2. By Rosyid

    Reply

  3. By tiara

    Reply

  4. By Ferdiarto

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *