Bagaimana Asal Mula Ditemukannya Kartu Merah-Kuning Dalam Sepak Bola…???

“prriiiitttt…!!! dan akhirnya kartu kuning kedua dikeluarkan sang wasit., ini artinya pemain itu mendapat kartu merah dan ia harus meninggalkan pertandingan” .

Hm., kurang lebih kayak gitu kronologinya saat kartu dikeluarkan sang wasit dalam pertandingan bola., kesal saat pemain kesayangan kita dikeluarkan wasit., -_-  , tapi terlepas dari itu semua., ada yang tahu asal muasal ditemukannya penggunaak kartu kuning dan merah ini dalam pertandingan bola? .

Ok, bagi yang tahu ya udah diem aja., pokoknya yang jelas disini aku mau bagi gimana awalnya bisa ada kartu merah-kuning dalam pertandingan bola, udaaah terima aja bagi yang udah tau sejarahnya hehehe 😀 .

Jadi gini., ternyata awal ditemukannya udah lama looh, awal kali dipergunakan pada saat Piala Dunia 1970 dulu kala. Eits.., tapiii.., ide awal penemuannya itu diawali 4 tahun sebelumnya, yakni tepatnya pada saat Piala Dunia 1966.

Jadi kronologi sejarahnya gini, waktu itu Piala Dunia 1966, Inggris yang menjadi tuan rumahnya, pada putaran perempat final antara tuan rumah Inggris vs Argentina, wasit yang memimpin pertandingan bernama Rudolf Kreitlein dari Jerman.

Ditengah pertandingan, karena melakukan pelanggaran keras, kapten tim Argentina, Antonio Rattin, dikeluarkan oleh sang wasit, namun karena si kapten tidak mengerti bahasa sang wasit, ia pun masih berada di dalam lapangan. Wasit pembantu dalam pertandingan itu bernama Ken Aston, dia berasal dari Inggris. Dengan sedikit modal bahasa spanyol sang wasit pembantu ini berusaha menjelaskan kepada sang kapten yang dikeluarkan untuk meninggalkan lapangan.

Dari kasus ini, sang wasit pembantu memikirkan bagaimana caranya agar ada suatu cara yang secara umum dapat diketahui semua orang, apakah pemain tersebut melakukan pelanggaran atau dikeluarkan dari lapangan, jadi perbedaan bahasa dapat diatasi. Ia pun mencari ide.

Suatu hari saat ia berhenti di perempatan jalan, dan memperhatikan lampu lalu-lintas, ia menemukan ide dari warna lampu tersebut. Akhirnya ia mengemukakan idenya tersebut kepada FIFA, kartu kuning untuk peringatan keras untuk pelanggaran ringan, dan kartu merah untuk pelanggaran berat dan pemain harus dikeluarkan dari lapangan.

FIFA menerima ide tersebut, dan untuk pertama kalinya, pada Piala Dunia 1970 kartu kuning dan merah diperkenalkan. Tapi pada piala dunia tahun ini tak satupun pemain yang terkena kartu merah, hanya kartu kuning yang melayang, jadi kartu merah pada piala dunia tahun 1970 ini belum bisa tampil hehe 😀 .

Tapi nih ya., meskipun ide ini berasal dari wasit inggris, negara inggris sendiri masih belum menerapkannya pada liga mereka, Inggris baru menerapkan penggunaannya pada kompetisi sepak bola mereka pada tahun 1976 .

Seiring berjalannya waktu, penggunaan kartu merah dan kartu kuning ini menuai banyak protes dari para pemain, alasannya adalah wasit terlalu gampang memberikan kartu. Akhirnya penggunaan kartu ini sempat dihentikan pada tahun 1981 dan 1987, lucu juga ya heheeh 😀 .

Yap., begitulah kronologi sejarah ditemukannya kartu merah dan kartu kuning dalam pertandingan bola. Smoga dapat menambah pengetahuan temen2 smua 🙂 .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *