Bagaimana Agar Warna Kuku yang Diwarnai Dengan Daun Pacar Dapat Bertahan Lama..???

Kalau pada anak kecil tahun 90-an, terutama cewek, di desa2 seperti desaku lahir, mereka biasanya bermain2 daun pacar untuk memperindah kukunya atau yang hanya untuk kesenangan :).

Ternyata, mewarnai kuku ini sudah ada sejak jaman dahulu kala, nenek moyang kita waktu itu belum mengenal kutek kayak sekarang, jadi mereka mewarnai kuku mereka dengan daun pacar. Daun pacar dipilih karena warnyanya yang merah cantik, tapi kelemahannya warnanya tidak tahan lama.

Naah seiring bertambahnya waktu, saat kita mewarnai kuku dengna daun pacar, maka kita akan menambahkan baekban atau garam mineral. Ini berguna untuk mempertahankan warna yang dihasilkan.

Tidak hanya pada daun pacar, kebanyakan zat warna yang tidak tahan lama akan ditambahkan garam mineral untuk mengawetkan warnanya :).

Yaah tapi sekarang ini udah jarang pohon daun pacar, apalagi di kota, hampir gak ada. Kalo di desaku sih sampai artikel ini aku tulis masih banyak pohonnya 🙂 , yap!! Kota pisang, Lumajang. I Love my village, desa ter-indah yang pernah aku temui.

Comments

  1. By mey

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *