Apakah Pasir Hisap Itu…???

Pasir Hisap?? kayak di tipi2 aja sih 😀 , yaah emang awal tau nama pasir hisap itu waktu liat pilem2 petualangan gitu seh., kalo orang inggris nyebut pasir hisap ini dengan nama Quick Sand, Quick=Cepat, Sand=Pasir, Jadinya? Pasir Cepat? wkwkkw mekso 😀 , bcanda kaleee :D.

Pasir hisap adalah jenis pasir biasa atau tanah yang berpasir. Menurut Denise Dumouchele dari The United States Geological Survey, pasir hisap bisa terdapat dimana saja tergantung kondisi sekitarnya. Contoh mudahnya adalah pasir di pantai. Perhatiin pasir yang ditepi laut, ketika kaki kita menginjaknya, pasirnya akan melesak.

Pada dasarnya sih., pasir hisap adalah pasir biasa yang gesekan antar partikel2-nya berkurang. Menurut buku yang gua baca sih, ada dua hal yang menyebabkan pasir menjadi pasir hisap, yaitu :

1. Aliran air dibawah tanah

Air merembes ke atas masuk ke pasir sehingga menciptakan semacam kantung air kecil diantara butiran pasir. Pada saat pasir jenuh air, gesekan antar partikelnya berkurang. Pasir pun berubah menjadi seperti semacam cairan.

2. Gempa Bumi

Kekuatan gempa bumi yang besar akan menggoncang, mengaduk-aduk, dan memisahkan pasir dan debu, sehingga gesekan antar partikel pasir berkurang. Daerah yang terkena gempa menjadi tidak stabil sehingga mengakibatkan bangunan atau benda di sekitarnya runtuh atau tenggelam.

Yaah., jadi begitulah yang dimaksud pasir hisap,, Kira2 kalo kepeleset kedalem pasir hisap kita bisa gimana ya jadinya? Bisa selamat gak? Temukan disini : Bagaimana Seandainya Kita Terperosok Kedalam Pasir Hisap…???

Comments

  1. By Jokowi

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *