Apakah Desibel Itu…???

yooo.., !!! akhirnya bisa lanjut nulis 😀 . Desibel? (disingkat dB) kata2 ini biasanya diucapkan ama sesuatu yang kaitannya ama suara. Yap!! soalnya ini adalah satuan yang digunakan untuk mengukur intensitas suara. Agak aneh sih dengernya pertama kali aku dengan skala ini hehehe. Telinga manusia sangat sensitif, telinga kita dapat mendengar suara gesekan lembut ujung jari dengan kulit sampai suara mesin jet yang keras.

Berdasarkan kekuatannya, suara jet kira2 satu trilyun lebih kuat dibandingkan suara terkecil yang bisa didengar manusia. woowww!!! perbedaan yang luar biasa beud wkwkwwk ( beud bead baut, bahasa ABG alay wkwkwkw 😀 ) .

Pada skala desibel, suara terkecil yang bisa didengar (hampir sunyi total) adalah 0 (nol) dB . Sebuah suara yang lebih besar 10x adalah 10 dB. Sebuah suara yang 100x lebih kuat dibandingkan suara yang hampir sunyi total adalah 20 dB . Suara yang 1000x lebih kuat dibandingkan suara yang hampir sunyi total adalah 30 dB. dan seterusnya. gimana ngitungnya? gini :

dB = 10 Log (P2/P1)

P2 : Kuat daya kedua (suara)

P1 : Kuat daya pertama (suara)

Berikut adalah suara2 pada umumnya dan urutan desibelnya :

  • Hampir sunyi total : 0 dB
  • Sebuah bisikah : 15 dB
  • Percakapan normal : 60 dB
  • Pemotong rumput : 90 dB
  • Klakson mobil : 110 dB
  • Konser musik rock atau mesin jet : 120 dB
  • Tembakan senjata atau petasa : 140 dB

Nah kalo suaranya si Cumi gimana yaaa? wkwkwkwkwk 😀 .

Suara2 tersebut diambil dari dekat sumber suara. Seperti yang kita ketahui berdasarkan pengalaman, jarak berpengaruh terhadap intensitas suara. Ketika kita berada di tempat yang jauh, kekuatan suaranya berkurang sangat besar.

Semua suara diatas 85 dB dapat mengakibatkan kehilangan pendengaran. Kehilangan pendengaran ini tergantung pada kekuatan dan lama suara. Misalnya, selama 8 jam mendengarkan suara mesin pemotong rumput dari jarak dekat dapat menyebabkan kerusakan gendang telinga, (wkwkwkw 😀 , lagian siapa juga yang mau ndengerin segitu lamanya, kurang kerjaan banget wkwkwkwkw 😀 ) .

Semua ledakan yang suaranya berkekuatan sampai 140 dB dengan segera dapat menyebabkan kerusakan pada telinga dan juga menyebabkan rasa sakit yang amat sangat,, 🙁 (kagak mau gua 🙁 ). Kita akan mendengarkan suara berkekuatan 85 dB dengan disertai meninggikan suara supaya terdengar orang lain. kurang kerjaan banget wkwkwkwk 😀 .

Yap., moga tulisan ini juga dapat menambah pengetahuan kita., ati2 tuh kalo main petasan,., jangan di deket telinga orang wkwkwk 😀

Comments

  1. By Bedul

    Reply

    • Reply

  2. By yuyan

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *