Apakah Banteng Benar-benar Marah dengan Warna Merah…???

Gak asing kan dengan hewan satu ini? Dan pastinya gak asing kan ama hubungan banteng dan warna merah ini? Yaa.., selama ini yang ada di pikiran kita kalo uda ada banteng, jangan pake baju merah, betul kan? kenapa begitu? mari cari tahu.,

Biasanya kita bakal melihat banteng dan warna merah ini di arena BullFighting kan? Ada yang gak tau BullFighting? itu loooh., permainan yang mengadu antara orang dengan banteng, orang yang bertarung dinamakan “matador” dan membawa selembar kain warna merah itu looh , naah tau kaan? yaah., permainannya orang2 eropa niih :).

Permainan yang dianggap memacu adrenalin ini udah mulai di eropa pada abad ke-18. Sang matador mengibarkan kain berwarna merah kearah banteng, dan banteng-pun mengejarnya. Tapi sebenarnya sih, banteng ini mengejar matador bukan karena warna merahย tersebut. Banteng itu buta warna, tak bisa membedakan mana warna merah atau warna lainnya. Tapi banteng sangat sensitif terhadap apa yang bergerak didepannya.

Jadi saat matador mengibarkan kain merah, banteng merasa tertarik sehingga mengejar kain tersebut. Tidak hanya banteng aja yang buta warna, sebagain besar hewan lain juga buta warna, misal aja anjing.

Lha terus? kenapa sang matador pakek kain berwarna merah? kenapa gak merah-kuning-hijau? yaah kalo merah-kuning-hijau ntar dikira lampu lalu lintas wkwkwwk ๐Ÿ˜€ , gak gak kok hehe,, kain berwarna merah bukan digunakan untuk menarik adrenalin banteng, tetapi untuk menarik adrenalin penonton, ini karena warna merah itu lebih bisa menarik mata kita ketimbang warna lainnya ๐Ÿ™‚ .

Naah jadi begitulah alasannya., moga apa yang aku tulis kali ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan kita smua ๐Ÿ™‚ .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *