Apa Yang Menyebabkan Kentut…???

Waduh.., maaf bukan bermaksud jorok sih dalam postingan kali ini., Cuma mau share info aja, jangan dilihat judulnya yaaa 😀 ., baca aja isinya 😀 . Hiii…, sapa yang kagak perna kentut hayooo? Kita semua pasti perna kentut bukan? Hal ini disebabkan adanya gas dalam perut kita. Tapi, darimana asalnya gas-gas penghasil kentut itu?

Menurut buku yang gue baca sih 😀 gas2 ini terjadi dan dihasilkan selama pencernaan. Segala makanan harus dihancurkan menjadi bagian-bagian yang lebih kecil supaya dapat masuk ke dalam aliran darah. Protein akan diubah menjadi asam amino, lemak akan diubah menjadi asam lemak, dan karbohidrat (baik yang sederhana maupun yang kompleks) akan diubah menjadi molekul-molekul glukosa .

Gas dalam perut bisa terjadi ketika makanan tidak bisa hancur seluruhnya di dalam perut atau usus kecil. Akibatnya, makanan akan menuju usus besar dalam bentuk bahan yang tidak tercerna. Sebagai contoh, jika kita tidak tahan terhadap laktosa, kita akan kekurangan enzim lactose dalam usus. Enzim ini akan mengubah laktosa menjadi aliran darah. Tanpa laktase, laktosa akan keluar melewati usus halus menuju usus besar tanpa dicerna.

Naah gitu nyampe usus besar, laktosa akan bertemu ama trilyunan bakteri yang lapar. Bakteri-bakteri ini sangat senang mencerna laktosa. Bakteri2 ini memproduksi berbagai macam gas, sama dengan cara ragi memproduksi karbondioksida untuk mengasamkan roti. Gas-gas seperti metan, hidrogen, dan hidrogen sulfida adalah gas2 yang diproduksi bakteri ini. Hidrogen sulfida adalah sumber bau dari kentut ini 😀 😀 .

Makanan-makanan tertentu menghasilkan lebih banyak gas dibandingkan yang lain karena mengandung karbohidrat-karbohidrat yang didak dapat dicerna. Naah diantara makanan yang perlu dihindari adalah buncis, kenapa? Karena buncis ini tidak dapat dicerna dengan baik sodara-sodaraaaa 😀 .

Hohohohoho.., begitulah proses terjadinya dan penyebab kentut hehehhe., moga bisa nambah pengetahuan kita mua hehehehe., deeeeee 😀

Comments

  1. By Ririn

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *