Apa yang Menyebabkan Jari-jari Tulang Kita Bergemeretak…???

Weeeww.., akhirnya baru sempet nulis lagi., kesibukan kerja masih jadi alasan utama penyebabnya 😀 . Tapi gak papa, aku harap tulisan ini dapat mengobati rasa rindu para pembaca sekalian hehehehe 😀 .

Langsung aja., pernah menekuk2 jari2 kita sampai berbunyi “krak” ? yaah., kurang lebih seperti itulah suaranya, biasanya ini terjadi ketika kita meregangkan tubuh kita, melipat jari2 tangan bersamaan dan meregangkannya kedepan.

Sebenarnya suara apa sih itu? Jawaban singkatnya adalah “meledaknya gelembung cairan synovial” kita. Meledak yang dimaksud disini bisa diganti dengan kata2 “pecah”. Persendian adalah pertemuan antara dua buah tulang, persendian pada tubuh kita dilindungi pelumas yang dinamakan “synovial” , berwujud kental dan jernih dan bertugas agar sendi2 kita dapat bergerak lancar.

Saat kita menekuk jari kita, tulang2 persendian tertarik, pada saat ini kapsul2 urat penyambung yang mengelilingi persendian meningkatkan volumenya. Peningkatan volume ini akan menyebabkan berkurangnya tekanan cairan synovial. Saat cairan synovial mengalami penurunan tekanan, gas yang terlarut dalam cairan akan menjadi kurang larut dan akan membentuk gelembung2 melalui proses yang disebut “kavitasi”.

Naah,, saat kita merentangkan jari2 kita dengan kuat, tekanan cairan synovial akan menjadi sangat rendah sehingga gelembung2 yang terbentuk akan meledak dan menghasilkan suara “krak” .

Gas terlarut dalam cairan synovial akan membutuhkan waktu 20-30 menit untuk larut kembali, jadi pada rentang waktu ini jari2 kita tak akan berbunyi :D.

Ngomong2 tentang menggeretak-in jari2, kata orang2 tua gak baik, bisa bikin sakit sendi di masa tua katanya, aku sendiri belum tau she 😀 , kira2 bagaimana menurut para pembaca sekalian efek dari menggeretakin jari ini? 😀

Comments

  1. By Rian Piarna

    Reply

    • Reply

  2. By Angri Raffa

    Reply

    • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *