Apa yang Dimaksud SAE pada Kaleng Oli..??

Temen2 mua pasti uda pada sering beli oli kan? yaah buat ganti oli motor/mobil kita itu looh., perna merhatiin tulisan “SAE” yang tertera di kalengnya gak? ngerti maksudnya? . SAE pada kaleng itu mencerminkan tingkat kekentalan oli. SAE sendiri kepanjangannya adalan Society of Automotive Engineers. Tingkat kekentalan adalah ukuran kemampuan cairan untuk mengalir, baik itu oli, minyak, air, atopun zat cairan lainnya. Lebih tinggi tingkat kekentalannya maka akan lebih sulit suatu cairan untuk mengalir.

Contoh, air mempunyai tingkat kekentalan yang rendah, sedangkan madu mempunyai tingkat kekentalan yang tinggi. Cara sederhana untuk mengukur kekentalan suatu cairan adalah dengan menempatkan cairan tersebut kedalam wadah yang mempunyai lubang kecil di bagian bawahnya. Cairan yang mempunyai tingkat kekentalan rendaha akan cepat mengalir keluar dari wadah, sedangkan cairan yang tingkat kekentalannya tinggi akan sulit keluar dari wadah.

Temperatur/suhu juga berpengaruh besar loh  terhadap kekentalan, kenapa? soalnya cairan akan menjadi encer ketika panas. Apabila kita memanaskan madu atau minyak maka akan menjadi lebih encer. Gak percaya? liat aja minyak goreng di penjual gorengan 500-an itu wkwkwkwkw kebiasaan beli gorengan sih 😀 . Saat dituang ke wajan pertama masih kental, begitu wajah udah mulai panas dan minyak ikut menjadi panas, maka minyak jadi encer dah heheheh 😀 .

Di daerah bermusim dingin, mesin mobil memerlukan oli yang encer supaya mesin mobil lebih cepat dihidupkan. Naah sayangnya masalah bakal muncul ketika oli yang sangat encer akan menjadi lebih encer lagi ketika musim panas, betul kan? :), ini berakibat oli tidak dapat memberikan perlindungan ketika musim panas tiba.

Singkat cerita nih yaa.,:D akhirnya para ilmuwan sono nambahin Polymer buat ngatasi masalah ini. Tujuannya supaya oli mempunyai kemampuan  untuk mengubah tingkat kekentalannya ketika dipanaskan. Ketika dingin, polimer kagak bakal berpengaruh ama oli. Ketika dipanaskan, polymer bereaksi, yaitu molekul-molekulnya memanjang sehingga meningkatkan kekentalannya.

Naah makanya di kaleng oli biasanya tertulis misalkan : SAE 20W-50 , ini berarti tingkat kekentalannya 20 ketika dingin dan 50 ketika panas. Huruf “W” sendiri berarti Winter. Naah kalo di negeri2 luar sono, SAE ini disebut Weight.

Naah gitu tuh ternyata maksud dari SAE ini,, moga bisa nambah info kita mua., eheheheh., mau makan gorengan dulu aah., wkwkwkwk 😀 😀

Comments

  1. By Ikan Asin

    Reply

    • Reply

      • By ROSADI

        Reply

        • Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *