Apa Itu Detik Kabisat (Leap Second)…???

Hm.., ini apaan lagi ya?? padahal di postingan sebelumnya aku uda mbahas tentang Fakta Dibalik Tahun Kabisat , ini sambungan ceritanya tahun kabisat kah? sodaranya tahun kabisat kah? wkwkwkwk 😀 . Aku aja baru denger istilah detik kabisat ini akhir bulan juni kemaren 😀 ., dan yang jelas ini berbeda dan gak ada hubungannya dengan tahun kabisat hehehehe… 😀 .

Sadar gak kalo kita pada tanggal 30 Juni 2012 kemaren kita dapet bonus 1 detik dalam waktu kita? hahaha.., bonus eeeyy 😀 .  So..? apa sih sebenernya detik kabisat ini?

Detik Kabisat adalah penyisipan satu detik ke dalam jam atom. Satu detik disisipkan dengan maksud agar standar waktu yang disiarkan kepada masyarakat umum dipertahankan supaya selalu dekat (hampir cocok) dengan nilai waktu matahari rata-rata. Detik kabisat diperlukan untuk memelihara standar waktu supaya cocok dengan kalender sipil, yang berdasarkan dengan pengamatan astronomi. Singkatnya waktu di-pause satu detik hm.. gitu toh oooww… 🙂

Penyesuaian waktu ini berdampak terhadap banyak teknologi, mulai dari server dan jaringan, hingga laptop dan smartphone yang harus sinkronisasikan jam mereka dengan jam atom. Salah satunya pada lumpuhnya beberapa situs di AS, diantaranya Yelp, Reddit, dan bahkan jaringan Gawker. Detik kabisat terakhir terjadi hari Sabtu, 30 Juni 2012 kemarin., wah waaah jadi ampe segitunya ya 🙁

Leap Smears

Dampak detik kabisat tersebut sangat buruk bagi situs-situs. Situs internet mati berjam-jam, karena administrator bekerja untuk membersihkan kekacauan yang muncul oleh waktu yang menyimpang. Tapi tak semua situs kena imbasnya looh., raksasa dunia Google rupanya telah mengantisipasi leap second ini cara yang disebut Leap Smears . Solusi Leap Smears yang ditawarkan oleh Google dilakukan dengan memodifikasi server NTP internal untuk secara bertahap menambahkan beberapa milidetik dalam setiap update, yang dilakukan sebelum detik kabisat benar-benar terjadi.., wooow Google emang kereeen 😀 .

Semua server Google kemudian mampu melanjutkan seperti biasa dengan tahun baru. Sehingga server ‘tidak sadar’ bahwa penyesuaian waktu baru saja terjadi. Google berencana untuk menggunakan teknik Leap Smear ini lagi di masa depan, ketika detik kabisat baru diumumkan oleh IERS (International Earth Rotation System)…, sip sip Google 🙂 😀 .

Sampai tahun 2012 ini telah terjadi 24 kali detik kabisat., berikut tahun-tahun tersebut :

Hm.., smoga dapat menambah pengetahuan teman2 smuanya 🙂 ., Keep sharing 🙂

Comments

  1. By Johan

    Reply

  2. By ROky

    Reply

  3. By Abraham

    Reply

  4. By Just IE

    Reply

  5. Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *