Adakah Orang yang Mempunyai Sidik Jari Sama…???

Hm.., kira2 ada gak ya manusia yang mempunyai sidik jari sama persis?? Dan untungnya sampai saat artikel ini ditulis tidak ada kabar bahwa ada orang yang sidik jarinya sama dengan orang lain, dan semoga tidak ada 😀 .

Tetapi nih yaa., berdasarkan suatu wacana, kemungkinan 2 orang untuk memiliki sidik jari yang sama adalah 1 : 64 Milyar orang (baca : satu dibanding 64 Milyar orang). Ini artinya adalah diantara 64 milyar orang, kemungkinan hanya ditemukan sidik jari yang sama hanya 1 orang.

Dan penduduk bumi saat ini tidak mencapai 64 Milyar orang, jadi kemungkinannya masih tidak ada. Ingat, ini cuma “kemungkinan” OK!! 🙂 . Kalau dilihat sekilas, ada beberapa sidik jari yang “mirip” , tapi begitu dilihat secara cermat nyatanya tidak 😀 .

Sidik jari atau Finger Print dalam Bahasa Inggris ini berguna untuk membantu manusia memegang benda, agar tidak jatuh dari genggaman. Secara fisika, sidik jari memberikan “Gaya Gesek” pada benda yang disentuh, semakin erat genggaman, semakin besar gaya gesek, jadi benda akan semakin kuat dicengkeram 🙂 .

Sidik jari juga digunakan sebagai identifikasi seseorang, dalam dunia kepolisian, sidik jari digunakan untuk melacak pelaku kejahatan melalui sidik jari yang melekat pada barang bukti yang ditinggalkan, baik itu sidik jari yang di telapak tangan, ataupun di telapak kaki.

Ilmu mempelajari sidik jari ini disebut dengan nama “Daktiloskopi” . Berasal dari bahasa Yunani, dactylos artinya jari jemari atau garis jari, dan scopein artinya mengamati atau meneliti.

Di perkantoran, sidik jari biasanya digunakan untuk absensi karyawan, sehingga tidak ada alasan buat “Titip Absen” heheheh 😀 . Di dunia kedokteran sidik jari juga digunakan untuk identifikasi bayi, bayi yang baru lahir diambil sidik jari kakinya, ini bertujuan agar untuk mencegah tertukarnya bayi di rumah sakit 🙂 . Bisa2 nanti jadi putri yang tertukar wkwkwkwk 😀

Oh iya,, satu lagi niih, saat seseorang tidak bisa membuat tanda atau pas tidak ada stempel, maka sidik jari kita berguna, celupkan ke tinta, dan jadi stempel daah 😀 . Stempel yang seperti adalah stempel satu-satunya di dunia wkwkwkwk 😀 .

Jadi,, bisa brabe nanti kan kalo kita punya sidik jari yang sama? Ngomong2 tentang sidik jari, kenapa orang2 saat difoto biasanya jarinya membntuk huruf “V” yaa? temukan jawabannya disini : Pose Jari V

Comments

  1. Reply

    • Reply

  2. Reply

    • Reply

  3. Reply

  4. Reply

  5. By Ir. Haji Lalu Muhammad Hamdan Sjahrul, SH.

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *