5 Situs Job Search Engine Khusus Buat Kamu Para Job Hunter!

jobsearch

Seiring dengan perkembangan dunia teknologi dalam perekrutan karyawan kini, tak mengharuskan lagi bagi para recruitment perusahaan untuk memasang lowongan secara offline dari mulut ke mulut, selebaran brosur, pemasangan spanduk ataupun lewat pemasangan iklan di Koran. Karyawan pun tak perlu bersusah payah memasukkan surat lamaran nya satu persatu ke beberapa perusahaan dan menunggu panggilan via pos atau telpon.

Berfungsi sama seperti Google, sebagai mesin pencari, namun dengan kriteria yang lebih spesifik yakni mesin pencari pekerjaan. Mesin pencari pekerjaan (Job Search Engine) ini berfungsi untuk menjembatani surat lamaran/CV calon karyawan ke perusahaan – perusahaan bersangkutan yang membutuhkan calon karyawan baru sebagai tenaga kerja dalam membantu kegiatan operasional perusahaan.

Berikut daftar 5 situs Job Search Engine yang dapat menjadi rekomendasi untuk anda dalam mencari pekerjaan :

jobstreet

Didirikan pada 1997 di Malaysia, kini Jobstreet menjadi salah satu portal mesin pencari pekerjaan terbesar di Asia Tenggara menurut Forbes. Selain menyediakan info berlangganan lowongan kerja melalui email, para calon karyawan juga dapat mengunduh resume/surat lamaran nya untuk dapat disalurkan langsung ke berbagai perusahaan secara online. Fitur-fitur terbaru seperti assessment test, sallary report, dsb dapat memudahkan perusahaan untuk mengetahui informasi dan gambaran singkat calon karyawan yang akan direkrutnya.

jobsdb

Ditemukan pada 1998, sebagai bagian dari SEEK Limited, salah satu portal lowongan kerja terbesar di dunia membuat JobsDB juga dapat menjadi alternatif  para pencari kerja untuk mengunduh resume dan menyalurkan lamaran nya ke perusahaan perusahaan terkait. Perusahaan yang ditampilkan di JobsDB kebanyakan merupakan perusahaan yang bonafit dengan kualifikasi yang juga tinggi. Selain menyediakan info berlangganan via email, JobsDB juga menyediakan tips dan trik khusus untuk para perkerja dalam menghadapi dunia kerja.

careerjet

Berbeda dengan 2 situs sebelumnya, careetjet.co.id tak langsung menampung data perusahaan dalam database mereka, melainkan berfungsi sebagai pihak ketiga atau penyalur situs awal pemberi pekerjaan kepada calon karyawan. Jadi, careerjet dapat dikatakan sebagai mesin directory atau daftar dari berbagai situs yang menyediakan lowongan pekerjaan. Ketika pencari kerja mengetik dengan keyword “Akuntansi”, maka akan muncul sejumlah perusahaan/situs penyedia lowongan pekerjaan yang menampilkan lowongan akuntansi yang sedang dibutuhkan.

kompaskarier

Sebagai salah satu pelopor berita berkualitas melalui media cetak yaitu koran, Kompas pun menjadi salah satu alternatif bagi para perusahaan untuk mengumumkan lowongan melalui media cetak. Tetapi seiring dengan teknologi yang berkembang, Kompas pun juga ikut mengekspansi bisnis nya di dalam dunia digital melalui Kompaskarier.com dalam mengelola layanan perekrutan kerja. Perusahaan perusahaan ternama dapat banyak anda temukan disini, tak ketinggalan rubrik – rubrik menarik seperti tips dan trik yang cukup berguna bagi anda dalam menghadapi dunia kerja.

jobindo

Didirikan pada 2005, website Jobindo.com  dapat menjadi salah satu rekomendasi calon pekerja untuk mencari lowongan yang diinginkan. Jobindo juga secara rutin menggelar Jobs Expo yang dapat memudahkan proses perekrutan karyawan oleh perusahaan. Didukung dengan tampilan yang user friendly, cukup membuat Jobindo layak dijadikan salah satu tempat anda untuk mengirimkan CV untuk lowongan lowongan yang tersedia.

Jadi tinggal upload (unduh) CV anda baik dalam format .doc ataupun .pdf, kemudian submit (kirim) CV ke situs mesin pencari kerja yang menyediakan lowongan kerja gratis Jakarta dan tunggu hp anda berdering menyusul jadwal interview yang akan diberikan. Sebaiknya dapat dipilih perusahaan mana saja yang akan benar – benar anda masuki untuk menghindari pembatalan interview ataupun “no show” pada interview – interview yang telah dijadwalkan untuk anda.

Jadi, nyari kerja udah nggak repot lagi kan? 😉

Dikirim Oleh : 
Fersisilia Anggi,
Freelance Kontributor