Phonebloks, Smartphone Bongkar Pasang

phonebloks-2-Copy

Saat pertama kali hendak membeli smartphone, kita melihat spesifikasinya terlebih dahulu. Namun, tak jarang ada smartphone yang benar-benar sesuai dengan keinginan kita. Misal, saat kita ingin smartphone yang ber-kamera OK, ternyata spesifikasi display-nya jelek, karena hanya kamera spesifikasi utama yang dibutuhkan, akhirnya dibeli.

Saat smartphone sudah dibeli, ternyata muncul generasi berikutnya yang memiliki spesifikasi kamera lebih tinggi (masih dalam contoh masalah diatas), akhirnya kita memutuskan untuk mengganti smartphone kita yang skarang dengan yang baru ini, padahal yang baru dari generasi berikutnya ini hanya di kameranya saja, sisa spesifikasinya sama.

Nah, dari sisi ekonomis, kurang bagus juga kan? yang di-upgrade hanya sisi kamera, namun terpaksa ganti smartphone keseluruhan.

Berawal dari ide sederhana ini, muncullah sebuah projek yang dinamakan “Phonebloks” yang dicetuskan oleh Dave Hakkens, seorang designer dari Belanda. Dia baru lulus dari akademi design bulan Juni 2013 kemarin.

Phonebloks ini berkonsep smartphone bongkar pasang, seperti PC rakitan. Jadi masing2 komponen dalam smartphone dapat dipasang dan diganti sesuai keinginan kita. Semua komponen diletakkan dalam satu panel utama besar, dan komponen lainnya ditancapkan disana seperti mainan balok bongkar pasang.

targetgroup

Ganti spare part yang diperlukan saja

bg_store

Sampai artikel ini ditulis, baru satu perusahaan yang berencana mengembangkan konsep smartphone bongkar pasang ini, yaitu Motorola, mereka menamainya dengan nama “Projek Ara”. Berikut previewnya.

ara1blogpost

Projek Ara by Motorola

ara2blogpost

Projek Ara by Motorola

Berikut video ide dari Phonebloks ini :

Naah., sampai saat ini pada website resmi Phonebloks (http://Phonebloks.com) , ide ini sudah mendapatkan dukungan lebih dari 970.000 orang, ayo datengi websitenya dan dukung terus ide ini, sehingga nantinya semua vendor smartphone dapat merealisasikannya.

Well.., seru ya sepertinya dunia per-gadget-an tar lagi., semoga aja bisa terealisasi segera., enak kan., kagak perlu gonta-ganti smartphone, cukup ganti spare part-nya doang hehehe..  semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *